Perusahaan Jerman Semakin Gencar Gunakan Robot untuk Atasi Krisis Tenaga Kerja
Robot kini mampu memenuhi kekurangan tenaga kerja di Jerman. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - S&D Blech, produsen komponen mesin, berencana untuk menggantikan kepala unit penggilingan yang pensiun dengan sebuah robot. Ini merupakan respons terhadap kekurangan tenaga kerja yang semakin parah di Jerman, yang disebabkan oleh pensiunnya generasi "baby boomers" dari tempat kerja.

Data resmi menunjukkan bahwa pada bulan Juni, sekitar 1,7 juta pekerjaan di Jerman belum terisi. Kamar Dagang dan Industri Jerman (DIHK) mengatakan bahwa lebih dari setengah perusahaan kesulitan mengisi lowongan, di mana perkiraan biaya untuk negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di Eropa hampir mencapai 100 miliar euro (Rp1,7 kudraliun) per tahun.

Direktur Manajer Henning Schloeder mengutip tren ini sebagai alasan S&D Blech telah beralih ke otomatisasi dan digitalisasi selama beberapa tahun terakhir, mengatakan. "Ini akan memperburuk situasi tenaga kerja terampil yang sudah sulit, terutama dalam produksi dan kerajinan," kata Schloeder  seperti dikutip VOI dari Reuters.

"Menemukan kepala unit penggilingan yang baru sulit, bukan hanya karena pengalaman yang dimilikinya, tetapi juga karena pekerjaan yang sangat berat yang sudah tidak ada yang mau melakukannya lagi," kata Schloeder.

Pekerjaan penggilingan mesin melibatkan panas tinggi, kebisingan berkelanjutan, dan percikan api yang bisa berbahaya. 

Peningkatan partisipasi perempuan di pasar tenaga kerja dan lonjakan imigrasi telah membantu mengimbangi perubahan demografis dalam beberapa tahun terakhir di Jerman.

Namun, saat generasi baby boomers pensiun dan kelompok usia yang lebih muda - yang jumlahnya lebih sedikit akibat laju kelahiran yang rendah - bergabung dengan pasar tenaga kerja, Badan Ketenagakerjaan Federal Jerman memperkirakan jumlah pekerja akan menyusut sebanyak 7 juta orang pada tahun 2035.

Menurut Nela Richardson, ekonom utama dari ADP, menyatakan perubahan serupa juga memengaruhi ekonomi maju lainnya, dan dampak dari teknologi otomatisasi canggih mulai dari robot hingga kecerdasan buatan akan dirasakan secara luas, .

"Jangka panjang, semua inovasi itu akan mengubah cara kerja di dunia. Semua orang akan melaksanakan pekerjaan mereka dengan cara yang berbeda," katanya kepada Reuters.

Investasi besar dalam otomatisasi oleh produsen mobil dan perusahaan industri besar lainnya berarti Jerman sudah menjadi pasar robot terbesar keempat di dunia, dan terbesar di Eropa.

Namun, seiring dengan harga robot yang semakin terjangkau dan lebih mudah dioperasikan, perusahaan Mittelstand yang sering dikelola keluarga dan menjadi tulang punggung ekonomi negara ini juga menggunakannya, mulai dari produsen seperti S&D Blech hingga toko roti, laundry, dan supermarket.

Menurut Federasi Internasional Robotik, sekitar 26.000 unit diinstal di Jerman tahun lalu. Angka tersebut hanya terlampaui pada tahun 2018, sebelum pandemi COVID-19 yang melambatkan pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 4%.

"Robot memungkinkan kelangsungan hidup perusahaan yang melihat masa depan mereka terancam karena kekurangan tenaga kerja," kata Ralf Winkelmann, direktur manajer FANUC Jerman, yang menjual sekitar separuh robot buatan Jepang kepada perusahaan kecil dan menengah.

Ralf Hartdegen, konsultan yang membimbing perusahaan dalam transisi semacam ini, mengatakan perusahaan yang ingin mengotomatisasi tetapi enggan mem-PHK pekerja semakin banyak yang membuat rencana mereka berdasarkan pengurangan pekerja melalui pensiun.

ROLEC, yang dipimpin oleh keluarga dan memproduksi sistem perlindungan elektronik industri dan peralatan pengendalian, membeli robot pertamanya tahun lalu. Hal ini untuk memungkinkan produksi berlanjut pada malam hari. Perusahaan tersebut telah membeli mesin kedua dan berencana untuk terus berinvestasi dalam otomatisasi.

"Rasanya luar biasa saat Anda menyalakan lampu di pagi hari dan komponen sudah ada di kontainer penyimpanan dan telah diproses," kata CEO Matthias Rose kepada Reuters.

Peningkatan otomatisasi juga mencerminkan kenyataan bahwa robot telah menjadi lebih mudah digunakan, tanpa perlu keterampilan pemrograman. "Sebagian besar robot sekarang dilengkapi dengan Antarmuka Mesin Manusia, layar sentuh yang mirip dengan smartphone," kata Florian Andre, salah satu pendiri SHERPA Robotics, sebuah startup yang berfokus pada perusahaan dengan jumlah karyawan antara 20 dan 100 orang.

Bahkan pekerja dan serikat pekerja, yang dulunya takut kehilangan pekerjaan, kini memiliki pandangan yang semakin positif. Sebuah survei yang diterbitkan oleh pasar robot automatica pada bulan Juni menemukan bahwa hampir setengah pekerja Jerman melihat robot membantu dalam mengatasi kekurangan tenaga kerja.

Rose dari ROLEC mengatakan bahwa pengenalan otomatisasi pada tahun 2022 muncul saat ada tumpukan pesanan yang besar, sehingga pekerja harus bekerja lembur dan pada hari Sabtu. "Situasi awal yang baik bagi robot pertama kami, karena ia dilihat sebagai alat bantu daripada sebagai pesaing," tambahnya.

Jurubicara serikat pekerja IG Metall Jerman mengatakan bahwa robot yang diadopsi sebagai bagian dari strategi korporasi jangka panjang, daripada untuk mengurangi biaya dengan cepat, dapat membantu membuat pekerjaan "lebih sehat, lebih menarik, dan lebih aman."

Pabrik pembuat truk dan bus, Daimler Truck  juga  menggunakan robotik secara ekstensif. Terutama untuk membantu dalam pemindahan barang berat dan tantangan kesehatan fisik pekerja.

"Namun, tidak ada yang lebih fleksibel daripada manusia," kata Matthias Krust, kepala dewan perusahaan. "Semakin kompleks produksi, semakin beragam, semakin sulit menggunakan robot."