Setelah Keluarga M3 Rilis, Apple Langsung Kembangkan M3 Ultra
Apple sedang kembangkan chip M3 Ultra (foto: dok. Apple)

Bagikan:

 

JAKARTA – Apple telah mengumumkan tiga versi dari chip M3, yaitu M3 biasa, M3 Pro, dan M3 Max. Ketiganya dipamerkan dan menjadi highlight dalam acara Scary Fast 30 Oktober lalu.

Meski telah memamerkan keluarga M3, rupanya Apple belum mengeluarkan  seluruh chipset andalan mereka. Chipset terakhir yang belum disinggung sama sekali adalah M3 Ultra.

Dari laporan terbaru Bloomberg, M3 Ultra akan menjadi chip terbaik dibandingkan keluarga M3 lainnya. Kabarnya, chip ini akan ditambahkan ke dalam Mac Studio dan Mac Pro.

M3 Ultra memang belum diperkenalkan karena Apple masih mengembangkannya. Bahkan, chip ini belum diuji coba. Namun, Apple bisa jadi memang sengaja tidak memamerkan M3 Ultra bersama dengan versi M3 lainnya.

Berkaca pada versi sebelumnya, M2 Ultra diumumkan beberapa bulan setelah keluarga M2 lainnya muncul. M2 Ultra  diklaim sebagai chip terbaik di jajaran M2, sama seperti posisi M3 di keluarganya.

Saat ini, Apple sedang fokus pada versi M3 yang lain. Sesuai dengan pengumuman Apple di Scary Fast akhir bulan lalu, perusahaan itu akan menambahkan chip M3 biasa hingga M3 Pro ke MacBook Pro dan iMac.

Setelah meluncurkan MacBook Pro 14 dan 16 inci, kabarnya perusahaan ini akan membawa M3 ke MacBook Air 13 dan 15 inci dan Mac Mini. Kedua perangkat ini juga sedang dikerjakan dan diperkirakan rilis tahun depan.