Mirip TikTok, YouTube Hadirkan Tab <i>For You</i> untuk Konten yang Dipersonalisasi
Tan For You di YouTube (foto: YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Mirip seperti TikTok, Google memperkenalkan tab 'For You' baru di Home YouTube, yang memungkinkan Anda menemukan konten yang dipersonalisasi, sesuai dengan riwayat tontonan Anda sebelumnya.

"Memperkenalkan bagian "For You" tab Rumah Anda yang merekomendasikan campuran konten dari saluran Anda kepada pemirsa berdasarkan sejarah jam tangan mereka," tulis YouTube dalam pengumumannya di X pada Kamis, 9 November. 

Selain itu, perusahaan juga mengatakan bahwa kreator dapat menyesuaikan tata letak saluran YouTube sehingga pemirsa dapat melihat cuplikan saluran, video unggulan, bagian unggulan, dan bagian For You saat mereka membuka tab Beranda saluran Anda.

Anda dapat mengaktifkan ketersediaan fitur dan mengubah setelannya di YouTube Studio dengan memilih Customization > Layout, lalu memeriksa setiap petunjuk di bagian For You. 

Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk beralih apakah video berdurasi penuh, video pendek, dan streaming langsung tersedia untuk fitur tersebut. 

"Bagian ini menampilkan campuran konten yang dipersonalisasi berdasarkan apa yang telah ditonton oleh masing-masing pemirsa. Anda dapat memilih jenis konten yang akan ditampilkan dan memilih untuk hanya menampilkan konten yang baru diposting dalam 12 bulan terakhir," tutup pengumuman itu. 

Sebagai informasi, melansir Engadget, perusahaan sebenarnya telah memperkenalkan fitur tersebut bulan Mei, dan diposting ke saluran Creator Insider, sebuah pusat tempat karyawan YouTube melakukan “percakapan langsung” dengan para YouTuber.