Paus Kripto Borong Puluhan Juta XRP di Upbit dan Bitstamp
Aset kripto XRP diminati para paus kripto. (Foto; Dok. Econinterects)

Bagikan:

JAKARTA - Harga XRP, aset kripto terbesar kelima di dunia, menguat signifikan dalam sepekan terakhir. Berdasarkan data dari CoinMarketCap, harga XRP naik 20,87% dalam tujuh hari terakhir hingga mencapai level tertinggi $0,7234 (Rp11.323) pada 6 November. Penguatan ini sejalan dengan tren positif di pasar mata uang kripto, yang dipicu oleh kenaikan bitcoin yang mendekati level $40.000 (Rp626 juta).

Saat harga XRP melambung, terjadi sejumlah transaksi besar XRP di bursa mata uang kripto utama. Menurut Whale Alert, platform yang melacak transaksi kripto dalam jumlah besar, investor anonim membeli 21 juta XRP senilai $14,6 juta (Rp228,9 miliar) di bursa Upbit pada 9 November.

Investor tersebut kemudian menarik koin-koin tersebut dan menyimpannya di dompet kripto fisik atau  hardware wallet. Saat ini hardware wallet memang merupakan tempat penyimpanan aset kripto yang lebih aman daripada menyimpannya di bursa yang rentan terhadap peretasan.

Selain itu, dua transaksi besar XRP lainnya terlihat pada 8 November. Sebanyak 22,5 juta XRP senilai $15,4 juta (Rp240,9 miliar) dikirim dari dompet yang tidak dikenal ke bursa Bitstamp, dan 16,3 juta XRP senilai $11,2 juta (Rp175,3 miliar) dikirim ke bursa Bitso. Menurut analisis Bithomp, dompet yang tidak dikenal tersebut terkait dengan Ripple Labs, perusahaan fintech yang menciptakan XRP dan menjalankan jaringan pembayaran RippleNet.

RippleNet adalah jaringan pembayaran global yang menggunakan XRP untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas yang cepat dan murah. Bitstamp dan Bitso adalah mitra Ripple yang menggunakan RippleNet untuk melayani pasar mata uang kripto di berbagai negara. Transfer XRP ke bursa-bursa ini mungkin merupakan bagian dari strategi Ripple untuk meningkatkan likuiditas dan adopsi XRP di berbagai pasar.

Bitstamp dan Bitso adalah mitra Ripple yang menggunakan XRP untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas yang cepat dan murah melalui RippleNet. Transfer XRP ke bursa-bursa ini mungkin merupakan bagian dari strategi Ripple untuk meningkatkan likuiditas dan adopsi XRP di berbagai pasar.