Traffic Platform Meta Tinggi Karena Iklan, Elon Musk: Influencer Sejati Tidak Perlu Influencer Internet
Elon Musk bagikan traffic platform X, Instagram, dan Facebook (foto: twitter @elonmusk)

Bagikan:

 

JAKARTA – Elon Musk, pemilik dari X Corp, berusaha membuktikan bahwa mayoritas pengunjung X datang karena pencarian mereka sendiri, bukan karena bantuan iklan seperti platform lainnya.

Pada Senin, 4 Desember, Musk membagikan hasil traffic, jumlah pengunjung media sosial, situs web dari tiga platform. Traffic yang Musk tampilkan berasal dari platformnya sendiri dan dua platform yang dinaungi Meta, yaitu Instagram dan Facebook.

Pada tampilan Search Engine (SE) Traffic, platform X lebih unggul dibandingkan dengan Instagram dan Facebook. SE Traffic untuk X mencapai 650,9 juta, Instagram mencapai 520,7 juta, dan Facebook mencapai 496,6 juta.

Musk juga memperlihatkan perbandingan Paid Traffic atau jumlah pengunjung situs web yang karena bantuan Google Ads. Facebook unggul dengan 708,4 ribu pengunjung, Instagram dengan 99,9 ribu pengunjung, sementara X hanya 1,1 ribu pengunjung.

Terakhir dari segi Paid Traffic Price atau traffic yang dihasilkan dari pembayaran iklan dan promosi menggunakan keyword Google Ads, platform X juga memiliki jumlah pengunjung yang sangat sedikit.

Platform X hanya membawa 14,3 ribu pengunjung dari Paid Traffic Price, sementara Instagram membawa 105,4 ribu dan Facebook mendominasi dengan 1,1 juta pengunjung. Seluruh jumlah traffic ini Musk ambil di wilayah Amerika Serikat pada bulan November.

Dari tampilan traffic ini, Musk tampaknya ingin menunjukkan bahwa pengunjung X mayoritas bukan karena iklan, tetapi karena pengguna yang memang membutuhkan platformnya. Musk juga terlihat menyindir Meta dengan menyinggung influencer sejati.

“Platform ini juga merupakan cara terbaik untuk menjangkau orang-orang terpintar dan paling berpengaruh di dunia, mereka yang merupakan influencer sejati, tidak memerlukan influencer ‘Internet’ yang memenuhi syarat,” tulis Musk melalui akunnya.