Perhatikan Tips Ini Agar Tidak Tertipu Situs <i>Phishing</i> Film Wonka
Ilustrasi keamanan siber (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru in, para ahli Kaspersky telah mengungkap skema para penjahat siber yang memanfaatkan popularitas seputar film Wonka sejak peluncurannya di seluruh dunia, dengan mendistribusikan penipuan phishing online.

“Seperti karakter antagonis di Wonka, para penipu online tidak membuang-buang waktu dalam mengeksploitasi kecintaan orang-orang terhadap dunia sihir dongeng Willy Wonka untuk motif jahat mereka sendiri,” kata Egor Bubnov, Senior Web Content Analyst di Kaspersky dalam pernyataannya.

Untuk itu, Bubnov menegaskan bagaimana pentingnya bagi masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti aturan dasar keselamatan online dan tidak mengabaikan risiko yang ada. 

“Kami mendesak para penggemar film untuk mempraktikkan kebiasaan online yang aman sehingga mereka dapat menikmati Wonka dan film perdana lainnya sambil melindungi diri dan privasi mereka dari para penjahat siber,” tegasnya.

Agar tetap aman sambil menikmati kegembiraan seputar pemutaran perdana film, para ahli Kaspersky merekomendasikan:

  • Berhati-hatilah terhadap penipuan phishing: Waspadalah terhadap email, pesan, atau situs web mencurigakan yang menawarkan penawaran eksklusif atau gratis. Periksa kembali keaslian sumbernya sebelum membagikan informasi pribadi apa pun atau melakukan transaksi online.
  • Verifikasi keamanan situs web: Saat membeli barang dagangan atau mengakses konten terkait secara online, pastikan situs web memiliki koneksi yang aman. Cari &quot;https://&quot; di URL dan simbol gembok di bilah alamat untuk menunjukkan situs web yang aman.
  • Gunakan solusi keamanan: Gunakan solusi keamanan yang andal, untuk mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.
  • Berhati-hatilah saat membagikan informasi pribadi: Berhati-hatilah saat memberikan informasi pribadi secara online, terutama detail sensitif seperti alamat, nomor telepon, atau informasi keuangan Anda. Hanya bagikan informasi semacam ini pada platform tepercaya dan aman
  • Percayai sumber terpercaya: Andalkan situs web resmi, pengecer resmi, dan sumber tepercaya untuk membeli barang dagangan, mengakses konten film, atau memperoleh informasi terkait pemutaran perdana. Hindari sumber tidak resmi atau mencurigakan yang mungkin mencoba mengeksploitasi antusiasme dan minat Anda.

Terkait