Jangan Asal Hapus, Ini Fungsi Folder $Windows.~BT di PC Windows
Tampilan perangkat Windows/DOK Microsoft

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa pengguna laptop dengan sistem operasi (OS) Windows mungkin pernah menemukan folder dengan judul $Windows.~BT. Namun, tak banyak yang tahu fungsi dari folder tersebut.

Mengutip dari Makeuseof, folder dengan nama yang asing ini akan muncul setiap kali Windows di-update. Folder ini cukup penting karena berisi file yang menunjukkan proses terbaru dari update seperti file instalasi atau log dari instalasi.

Meski Windows telah selesai di-update, folder ini akan bertahan di hard drive, setidaknya hingga sepuluh hari. Biasanya, sistem Windows akan menghapus foldernya secara otomatis setelah lewat dari sepuluh hari.

Anda juga bisa menghapus folder ini secara manual, tetapi perlu diingat bahwa folder ini berisi file instalasi Windows dari versi sebelumnya. Ketika folder ini dihapus, laptop Anda tidak akan bisa kembali ke OS yang lama dengan menggunakan menu Go Back di Windows 11.

Maka dari itu, Anda tidak bisa menghapus folder $Windows.~BT dengan cara yang biasa. Penting untuk mengetahui cara menghapus folder tersebut dengan cara yang tepat agar Anda bisa menggunakan kembali Windows 10 dengan menu Go Back.

Sebenarnya, $Windows.~BT merupakan folder tersembunyi yang memerlukan konfigurasi dari Windows untuk melihat foldernya. Setelah memunculkan folder yang tersembunyi di File Explorer, Anda akan melihat nama foldernya.

Jika sudah muncul, Anda bisa mengeklik tombol Win + R di keyboard untuk membuka kotak Run. Setelah kota muncul, ketik cleanmgr dan tekan Enter, kemudian klik menu dropdown untuk memilih sistem drive di mana Anda melihat folder $Windows.~BT.

Berikutnya, klik Bersihkan File Sistem dan centang beberapa opsi yang terlihat, yaitu Instalasi Windows Sebelumnya, Pembersihan Pembaruan Windows, File Log pemutakhiran Windows, File Instalasi Windows Sementara, dan File Sementara.

Jika sudah, klik OK hingga Windows memberikan peringatan bahwa metode ini akan membuat file terhapus secara permanen. Anda hanya perlu mengeklik Hapus File dan folder $Windows.~BT yang berisi versi Windows lama Anda akan terhapus secara otomatis.

Terkait