8 Cara Mengatasi Aplikasi Error di Ponsel Android, Ternyata Mudah Banget
8 Cara Mengatasi Aplikasi Error di Ponsel Android, Ternyata Mudah Banget (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengguna Android biasanya menginstal banyak aplikasi di ponselnya. Namun terkadang aplikasi tidak berfungsi atau error saat digunakan. Kondisi ini tentunya sangat menyebalkan dan mengganggu kenyamanan pemakaian ponsel. Namun Anda tidak perlu panik, sebab ada cara mengatasi aplikasi error di Android. 

Sebenarnya masalah aplikasi error di ponsel Android juga dialami oleh banyak pengguna Android. Ketika aplikasi tidak bisa dibuka tentunya pengguna akan bingung hingga cemas, apalagi jika sedang dalam kondisi darurat. Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi error di Android yang bisa Anda lakukan?

Cara Mengatasi Aplikasi Error di Android

Ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah aplikasi error di ponsel Android. Berikut ini sejumlah cara yang mungkin bisa Anda lakukan jika mengalami aplikasi error. 

Update Aplikasi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi error adalah dengan update aplikasi. Umumnya aplikasi versi lama mulai tidak berfungsi dan mengalami masalah ketika dijalankan. 

Jadi sebaiknya Anda memperbarui aplikasi untuk menghilangkan bug yang muncul, sehingga memungkinkan aplikasi berjalan dengan lancar. Pastikan untuk selalu menginstal dan menggunakan aplikasi versi terbaru. 

Cara update aplikasi lama ke aplikasi baru cukup mudah. Anda tinggal masuk ke Google Play Store. Kemudian cari aplikasi yang bermasalah atau ingin Anda perbarui, kemudian pilih opsi update jika tersedia.

Buka dan Tutup Aplikasi yang Error

Tips lainnya yang bisa Anda terapkan ketika aplikasi error adalah dengan membuka dan tutup aplikasi tersebut. Cobalah untuk keluar dan membuka kembali aplikasi yang tidak merespons itu. 

Apabila aplikasi masih tidak berfungsi, cobalah untuk keluar dan masuk kembali ke dalamnya. Terkadang cara sederhana ini bisa berhasil memperbaiki masalah aplikasi error tersebut.

Memperbarui Sistem Operasi di HP

Selain update aplikasi, cobalah untuk memperbarui sistem operasi di ponsel Anda. Sebaiknya Anda memperbarui sistem operasi di HP ke versi terbaru secara berkala. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem untuk memeriksa pembaruan.

Restart Perangkat

Cara lain untuk mengatasi aplikasi error adalah dengan mencoba restart ponsel Anda. Langkah ini membantu membersihkan sementara memori dan mungkin dapat memperbaiki masalah aplikasi tidak berjalan tersebut. 

Restart perangkat memang menjadi cara yang sering dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah Android. Metode ini akan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, mengosongkan memori, dan membuat aksesibilitas aplikasi seperti pertama kali digunakan.

Cek Ruang Penyimpanan

Bisa jadi aplikasi di ponsel Android Anda tidak berjalan karena ruang penyimpanannya penuh. Anda perlu mengecek ruang penyimpanan di ponsel, apakah masih mencukupi atau sudah penuh. 

Ketika ponsel kekurangan ruang penyimpanan maka bisa menyebabkan kinerja aplikasi bermasalah atau terganggu. Jadi jika ternyata ini penyebabnya, Anda bisa menghapus file aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan atau jarang diakses. 

Clear Cache dan Data Aplikasi

Tips selanjutnya yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi error adalah dengan membersihkan cache atau data aplikasi. Cara melakukannya yakni dengan Masuk ke Pengaturan > Aplikasi. 

Kemudian silakan pilih aplikasi yang bermasalah. Lalu bersihkan cache serta data pada aplikasi tersebut. Langkah ini dapat membantu membersihkan file sementara dan mungkin memperbaiki masalah.

Uninstall dan Instal Ulang Aplikasi

Jika ternyata berbagai cara di atas masih belum bisa mengatasi aplikasi error, cobalah untuk uninstall aplikasi yang bermasalah tersebut. Setelah tercopot dari ponsel Anda, silakan menginstal ulang kembali aplikasi tersebut. Langkah ini bisa menghilangkan file rusak yang disimpan dan memulai aplikasi dari awal.

Reset Setelan Pabrik

Apabila semua metode tidak berhasil mengatasi aplikasi error, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan reset setelan pabrik. Namun sebelum melakukan langkah ini pastikan untuk mencadangkan data penting yang ada di ponsel. Sebab ini akan mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan awal.

Demikianlah beberapa cara mengatasi aplikasi error di ponsel Android yang mungkin bisa Anda praktikkan. Jadi jika mengalami kendala tersebut jangan langsung panik, namun coba terapkan sejumlah langkah di atas. Baca juga cara membatalkan langganan aplikasi di Google Play Store

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.