Cara agar Google Drive Bisa Diakses Semua Orang, Berbagi File Jadi Lebih Mudah
Cara agar Google Drive bisa diakses semua orang (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google Drive menjadi platform penyimpanan online yang sudah familiar digunakan banyak orang; cloud. Para pengguna akun Google kerap menggunakan penyimpanan cloud ini untuk mengarsipkan dokumen dan berbagai file dengan orang lain. Lantas bagaimana cara agar Google Drive bisa diakses semua orang?

Fitur Google Drive disediakan untuk memudahkan pengguna bisa melakukan kerja kolaboratif dengan orang lain secara online. Pengguna bisa mengundang orang lain untuk mengakses file yang dibagikan melalui tautan atau link. Jadi pengguna lain dapat membuka hingga mengedit file tersebut dari mana saja. 

Namun untuk bisa membagikan file kepada semua orang, Anda perlu mengatur fitur share. Tidak sedikit pengguna yang belum paham atau masih bingung dalam membagikan dokumen dengan orang lain. Oleh karena itu, simak cara agar Google Drive bisa diakses semua orang untuk memudahkan urusan pekerjaan. 

Cara Google Drive Bisa Diakses Semua Orang

Dalam urusan pekerjaan, mungkin Anda perlu membagikan file melalui Google Drive kepada banyak orang. Bagi yang masih awam menggunakan platform ini, mungkin akan share dokumen secara manual kepada satu per satu orang. Namun cara ini tentunya tidak efisien dan memakan waktu lama. 

Supaya kebutuhan untuk share dokumen lebih efektif dan mudah, Anda perlu mengatur agar Google Drive bisa diakses semua orang. Pada Google Drive tersedia fitur publik yang memungkinkan file atau dokumen Anda bisa diakses oleh semua orang yang memiliki linknya. 

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat file Google Drive bisa diakses semua orang:

  1. Silakan masuk atau Log in ke akun Google Drive Anda. 
  2. Kemudian pilih file yang ingin anda ubah status permissionnya. Klik kanan pada dokumen, maka akan tampil sejumlah opsi yakni "pratinjau" > "buka dengan" > "bagikan" > "dapatkan tautan yang bisa dibagikan", dan lainnya. 
  3. Lalu pilih opsi "bagikan".
  4. Layar akan menampilkan tulisan "wait" atau "menunggu", yang berarti sedang proses.
  5. Selanjutnya akan ditampilkan opsi "Bagikan dengan orang lain" > "Dapatkan tautan yang dapat dibagikan...". Silakan pilih "Dapatkan tautan yang dapat dibagikan".
  6. Tekan ikon seperti rantai warna hijau pada layar yang menandakan file publik. Tanda ini artinya akan memberikan akses file untuk publik
  7. Terakhir Anda tinggal klik "Beres"

Cara Memberikan Akses File Google Drive

Meski Anda telah memberikan akses file Google Drive untuk dilihat orang lain, namun tidak serta merta penerimanya bisa membagikan ulang dokumen tersebut ke pihak lain. Google menerapkan batasan-batasan terkait hak dan privasi dalam pembagian file untuk mencegah kebocoran data penting. 

Bagi Anda yang ingin memberikan akses file Google Drive lebih luas lagi dan mengizinkan penerimanya membagikan lagi ke pihak lain, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Silakan memilih dokumen yang ingin dibagikan.
  2. Lalu pilih "share" atau "bagikan".
  3. Akan ditampilkan beberapa opsi di layar. Pada bagian "Under Get Link", silakan pilih "tap link settings".
  4. Kemudian pilih "Public Link".
  5. Setelah melakukan semua langkahnya, kemudian pilih "Done" atau selesai.
  6. Copy dan Paste link tersebut dalam e-mail atau situs lainnya yang Anda gunakan untuk membagikan link
  7. Dengan demikian orang yang sebelumnya Anda batasi dalam akses, kini telah mendapatkan akses untuk membagikan dokumen ke orang lain.

Demikianlah cara agar Google Drive bisa diakses semua orang baik untuk dilihat, dikomentari, maupun melakukan penyuntingan. Sebelum membagikan file, pastikan dokumen tersebut tidak memuat informasi sensitif atau data pribadi yang penting bagi Anda. Baca juga Google Drive bisa pindai dokumen

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.