Cara Perbaiki Fitur Password Autofill di Android, Bisa Dilakukan Sendiri
Ilustrasi password autofill (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mengetahui cara perbaiki fitur password autofill di Android perlu dilakukan ketika fitur tersebut tidak aktif. Padahal password autofill cukup membantu pengguna untuk masuk ke platform tertentu sehingga tak perlu repot mengetikkan kata sandi secara berulang.

Cara Perbaiki Fitur Password Autofill di Android

Seperti diketahui, autofill password adalah fitur yang membantu pengguna Android untuk menyimpan kata sandi otomatis. Saat fitur ini tidak berfungsi, pengguna harus memasukkan kata sandi tiap login. Pengguna yang ingin memperbaiki autofill password bisa dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Aktifkan Autofill di Perangkat

Pada dasarnya setiap smartphone Android sudah dibekali dengan fitur password autofill. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus masuk ke menu Setting. Namun harus diketahui bahwa cara yang harus dilakukan kadang berbeda di setiap smartphone tergantung merek dan tipe ponse. Berikut ini cara aktifkan autofill.

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings dengan icon roda gerigi;
  • Ketik 'autofill' di kolom pencarian.
  • Setelah itu pilih “Autofill service”
  • Pilih layanan password manager yang dipakai
  • Lakukan konfirmasi dan fitur autofill sudah aktif.
  1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika autofill sudah diaktifkan namun fitur tidak bekerja sebagaimana mestinya, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang membantu mengelola kata sandi di akun Google. Aplikasi yang menyerupai fitur password autofill misalnya 1Password, LastPass, Dashlane, Enpass, dan masih banyak lagi.

Gunakan salah satu aplikasi. Setelah itu lakukan sinkronisasi di pengaturan akun Anda dengan cara sebagai berikut.

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setting di smartphone
  • Gulir ke bawah lalu masuk ke menu Manajemen Umum. Atau pengguna bisa mengetikkan keyword “Kata Sandi dan Isi Otomatis”
  • Anda harus menambahkan aplikasi pihak ketiga yang dipilih dan sudah terunduh dengan cara klik “Layanan Isi Otomatis”
  • Setelah itu tambahkan layanan. Pengguna akan diberi beberapa pilihan yang bisa digunakan. Setelah itu klik salah satu.
  • Tunggu sesaat dan fitur password autofill berhasil diperbaiki.
  1. Update Sistem Android

Pengguna bisa memperbarui sistem operasi (OS) Android ke versi yang paling baru. Masalah pada fitur Android, termasuk password autofill, bisa dipicu oleh berbagai faktor salah satunya adanya bug pada OS. Cara memperbarui OS adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan
  • Gulir ke bawah lalu masuk ke "Sistem Android"
  • Klik "Pembaruan Sistem" lalu install versi paling baru
  1. Format Ponsel

Fitur password autofill yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena adanya aplikasi tertentu yang mengganggu kinerja. Karena itu cobalah untuk melakukan format ulang ponsel. Namun cara ini akan menghapus seluruh data baik foto, video, aplikasi, kontak, dan sebagainya dari ponsel Anda.

Pengguna juga disarankan untuk mengetahui cara mengatasi aplikasi error di ponsel Android agar aplikasi bekerja secara optimal.

Itulah informasi terkait cara perbaiki fitur password autofill di Android. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Terkait