5 Brand HP dengan Update OS Terlama, Ada yang Beri Jaminan hingga 8 Tahun
Ilustrasi iPhone bisa mendapatkan update OS antara 6 sampai 8 tahun. (Foto: Pixabay/tranmautritam)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Brand HP dengan update OS terlama sangat menarik untuk dilirik. Sebab, akan tetap aman dan mutakhir untuk digunakan pada tahun-tahun mendatang.

Salah satu brand smartphone yang memberikan jaminan update operating system (OS) terlama adalah iPhone. iOS yang ada pada iPhone bisa mendapatkan update OS antara 6 sampai 8 tahun. Sementara kebanyakan smartphone berbasis Android hanya mendapat 1 sampai 2 tahun update OS.

Akan tetapi, sepertinya hal itu akan segera berubah. Pasalnya, saat ini ada banyak HP Android yang menawarkan pembaruan sistem operasi lebih lama. Terobosan ini tidak hanya menguntungkan konsumen, namun juga membantu brand meningkatkan reputasi dan kepuasan pelanggan.

Brand HP dengan Update OS Terlama

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut berbagai brand atau merek smartphone yang memberikan jaminan update sistem operasi terlama:

1. Samsung

Samsung merupakan salah satu brand HP Android yang menawarkan jaminan update sistem opersi yang lama, yakni hingga empat tahun.

Pada awal 2022 lalu, Samsung menyatakan bahwa mereka akan mulai memberikan pembaruan OS hingga empat tahun patch keamanan hingga lima tahun. Dukungan ini dimulai dari seri Galaxy S21. Menariknya, jaminan itu tidak hanya berlaku untuk smartphone flagship saja, namun juga ponsel mid-range.

2. OnePlus

Brand HP dengan update OS terlama yang berikutnya adalah OnePlus. Brand smartphone yang satu ini menawarkan jaminan update OS hingga empat tahun dan patch keamanan hingga lima tahun untuk Hp flagship yang diluncurkan pada tahun 2023 dan setelahnya.

Dimulai dari seri Nord 3 yang mendapatkan update OS hingga tiga atau empat tahun. Kendati demikian, seri Nord lain yang lebih tua dan terjangkau tidak akan mendapatkan jaminan update OS lebih dari tiga tahun.

3. Oppo

Tak ingin kalah dengan Samsung dan OnePlus, Oppo juga memberikan jaminan update OS yang lebih lama untuk perangkatnya.

Melalui smartphone flagship seri Find yang dirilis pada tahun 2022, OPPO mulai memberikan jaminan update OS higga empat tahun dan patch keamanan mencapai lima tahun.

Sedangkan HP flagship OPPO yang lama hanya akan mendapatkan update OS sebanyak tiga kali dan patch keamanan hingga empat kali.

4. Xiaomi

Tahun lalu, Xiaomi menyatakan bahwa mereka mulai memberikan jaminan update OS yang lama untuk perangkatnya. Dukungan ini akan didapatkan perangkat Andalan Xiaomi, yakni Xiaomi 13T dan 13T Pro. Masing-masing Hp flagship tersebut akan menerima update OS hingga empat kali dan patch keamanan hingga lima kali.

Sebelumnya, Xiaomi hanya menawarkan update OS sebanyak tiga kali untuk HP flagship. Di lain sisi, HP mid-range dan entry-level Xiaomi masing-masing akan mendapat update OS sebanyak tiga kali dan dua kali.

5. Google

Google mulanya hanya menyediakan jaminan update OS hingga tiga tahun pada HP Pixel. Akan tetapi, semua itu berubah lewat seri Pixel 8 di mana Google memberikan jaminan upda OS hingga delapan tahun.

Terobosan ini membuat seri Pixel 8 menjadi smartphoe dengan dukungan update OS terlama. Seri Pixel 8 akan mendapatkan dukungan update OS hingga Android 22.

Demikian informasi tentang brand HP dengan update OS terlama. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.