Begini Cara Membatalkan dan Mengedit Pesan Terkirim di iMessage iPhone
Cara mengedit pesan di iMassage iPhone (foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, di aplikasi iMessage iPhone, Anda dapat membatalkan pengiriman dan mengedit pesan terbaru. 

Kemampuan ini tentu saja akan memberikan Anda kesempatan untuk memperbaiki kesalahan ketik atau menarik kembali pesan yang tidak sengaja Anda kirim ke orang yang salah.

Nah, untuk melakukan kedua hal tersebut, Anda bisa mengikuti tutorial yang akan VOI berikan kali ini. 

Batalkan pengiriman pesan

Sebagai catatan, Anda hanya dapat membatalkan pengiriman pesan hingga 2 menit setelah pesan tersebut dikirim. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi iMessage di iPhone Anda
  2. Sentuh dan tahan gelembung pesan, lalu ketuk Undo Send.

Catatan yang mengonfirmasi bahwa Anda membatalkan pengiriman pesan akan muncul di transkrip percakapan milik Anda dan penerima pesan tersebut. Dengan demikian, pesan tersebut akan dihapus di kedua perangkat. 

Namun, karena fitur ini merupakan fitur baru Apple, maka jika Anda mengirim pesan kepada seseorang yang tidak menggunakan iOS 16, iPadOS 16, macOS 13, atau lebih baru, pesan asli tetap ada dalam percakapan. 

Edit pesan terkirim

Untuk fitur edit pesan, Apple mengatakan bahwa Anda dapat mengedit pesan yang baru dikirim hingga lima kali dalam waktu 15 menit setelah pengirimannya. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi iMessage di iPhone Anda
  2. Pilih percakapan dengan pesan yang ingin Anda edit
  3. Sentuh dan tahan gelembung pesan, lalu ketuk Edit
  4. Buat perubahan apa pun, lalu ketuk tombol ceklis untuk mengirim ulang pesan dengan hasil edit atau X untuk mengembalikan.

Gelembung pesan akan diperbarui untuk mencerminkan hasil edit Anda pada iPhone dan perangkat penerima, dan Anda berdua dapat mengetuk Edited untuk melihat versi pesan Anda sebelumnya.