Kaspersky Ungkap Tips Agar Tetap Aman Saat Bermain Aplikasi Kencan Online
Tips aman bermain aplikasi kencan online (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak ada dunia yang aman seutuhnya, baik itu dunia nyata maupun online. Ketika Anda bertemu dengan seseorang melalui aplikasi online khususnya kencan, ada banyak kemungkinan kejahatan yang bisa terjadi. 

Beberapa di antaranya adalah penguntitan, pelecehan, atau yang lain sebagainya. Sebuah survei yang ditemukan Kaspersky menyebutkan bahwa 23% pengguna aplikasi kencan online pernah mengalami penguntitan. 

“Mengingat sifat penguntitan dan penyalahgunaan yang difasilitasi oleh teknologi semakin meluas, kami menyarankan setiap orang untuk mengamankan kehadiran online mereka, termasuk kata sandi dan akun,” ujar David Emm, Peneliti Keamanan Utama di Kaspersky. 

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga keamanan akun dengan baik, tidak mengungkapkan informasi berlebih (oversharing), dan menerapkan solusi keamanan. 

Kaspersky telah membuat beberapa tips terbaik untuk tetap aman saat berkencan online, mungkin beberapa tips ini bisa Anda pertimbangkan:

  • Simpanlah kata sandi untuk diri Anda sendiri dan pastikan kata sandi tersebut rumit dan unik
  • Jika tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, jika ragu, periksalah!
  • Luangkan waktu sejenak untuk memeriksa privasi digital Anda
  • Berpikirlah sebelum Anda berbagi – internet mempunyai memori yang panjang dan berbagi terlalu banyak dan terlalu cepat yang dapat membuat diri Anda rentan
  • Buatlah ‘rencana aman’ jika Anda beralih dari dunia digital ke dunia nyata
  • Pertimbangkan untuk menggunakan solusi keamanan siber atau VPN yang komprehensif untuk melindungi diri Anda