10 Tips Menggunakan iPhone untuk Orang Tua
IPhone memiliki kemudahan penggunaan yang menjadikannya pilihan bagus untuk orang tua (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - iPhone memiliki kemudahan penggunaan yang menjadikannya pilihan bagus untuk orang tua yang ingin menggunakan smartphone, dan ada banyak opsi untuk membuat iOS lebih mudah digunakan dan lebih mudah diakses.

Baik Anda sedang mengatur ponsel untuk orang tua Anda (atau Anda adalah orang tua tersebut!), kami memiliki sejumlah tips yang bagus untuk dibagikan.

  1. Pertimbangkan Mengaktifkan Assistive Access

Assistive Access adalah fitur yang diperkenalkan di iOS 17 yang sangat menyederhanakan pengalaman iOS. Meskipun dirancang untuk orang dengan gangguan kognitif, ini juga merupakan pilihan yang baik untuk orang tua yang hanya perlu menggunakan fungsi-fungsi penting dari perangkat mereka.

  1. Gunakan Display Zoom

Mayoritas penglihatan orang tua menurun seiring bertambahnya usia. Untuk mengatasi ini, Anda dapat mengaktifkan Display Zoom untuk memperbesar layar:

  1. Tingkatkan Ukuran Teks

Sementara Display Zoom membuat semua yang ada di layar lebih besar, Anda juga dapat meningkatkan ukuran teks untuk meningkatkan kemampuan membaca secara keseluruhan:

  1. Tingkatkan Volume Nada Dering dan Aktifkan Pemberitahuan Kilat LED

Untuk orang tua yang memiliki gangguan pendengaran, masuk akal untuk meningkatkan volume nada dering agar mereka tidak melewatkan panggilan dan pemberitahuan lainnya.

  1. Coba Live Captions

Sementara dalam versi beta saat ini, Live Captions adalah anugerah bagi siapa pun yang kesulitan mendengar ucapan dengan jelas. Ini mengubah semua dialog yang diucapkan menjadi teks di layar secara real-time.

  1. Konfigurasi Kontak Favorit

Daftar Favorit iPhone Anda memudahkan untuk menjaga kontak yang sering Anda hubungi hanya dengan beberapa ketukan saja. Ini membuat iPhone lebih ramah untuk orang tua karena menghemat mereka dari kesulitan menggulir daftar kontak mereka setiap saat.

  1. Siapkan ID Medis

Di dalam aplikasi Kesehatan iPhone Anda adalah ID Medis, yang berfungsi seperti tag identifikasi medis digital. Ini memungkinkan petugas medis mengetahui kondisi kesehatan yang ada yang membutuhkan perhatian segera, obat-obatan yang Anda konsumsi, dan sejenisnya.

  1. Konfigurasi Darurat SOS

Fitur Darurat SOS pada iPhone Anda memberi tahu layanan darurat dan kontak darurat Anda saat Anda dalam masalah. Meskipun ini adalah fitur iPhone yang harus diatur oleh semua orang, ini sangat penting untuk orang lanjut usia.

  1. Aktifkan Panggilan Suara untuk Siri

Perintah suara Siri memungkinkan Anda mengurangi interaksi fisik dengan telepon, yang merupakan cara yang bagus untuk menyederhanakan iPhone untuk orang tua.

  1. Menyederhanakan Layar Beranda

Kemungkinan jika Anda mengatur iPhone untuk orang tua, mereka tidak perlu mengakses semua aplikasi di perangkat. Oleh karena itu, ide yang baik untuk membersihkan Layar Beranda, seperti:

Dengan penyesuaian ini, iPhone menjadi lebih mudah digunakan untuk orang tua. Kami telah fokus pada penyesuaian yang umumnya berguna di sini, tetapi juga layak untuk menjelajahi semua opsi aksesibilitas iPhone di Pengaturan > Aksesibilitas untuk opsi yang berlaku bagi orang yang Anda sayangi.

Anda akan menemukan banyak opsi lainnya untuk membantu dengan pendengaran, penglihatan, motorik, dan kekhawatiran lainnya.