Fitur Picture-in-Picture Bisa Diakses oleh Pengguna YouTube Gratis di Eropa
Fitur Picture-in-Picture untuk pengguna YouTube gratis (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Picture-in-Picture merupakan salah satu fitur yang sangat berguna bagi para pengguna YouTube. Fitur ini akan membuat video tetap terputar meski pengguna keluar dari aplikasi. 

Jika pengguna ingin membuka aplikasi lain dan tetap ingin menonton tayangan dari YouTube, pop-up dari YouTube akan terlihat di bagian atas layar. Pop-up ini bisa dipindahkan ke sisi mana pun dan bisa dihilangkan oleh penggunanya. 

Selama bertahun-tahun, fitur ini hanya tersedia untuk para pengguna YouTube Premium. Namun, berdasarkan temuan Android Police, fitur ini sedang dikembangkan untuk para pengguna YouTube yang tidak berlangganan Premium. 

Dukungan Picture-in-Picture secara gratis ini ditemukan oleh beberapa pengguna YouTube di Eropa. Mereka mengatakan bahwa fitur ini mendadak bisa digunakan tanpa perlu berlangganan. Fitur ini bekerja di perangkat Android dan iOS. 

Berbanding terbalik dengan apa yang dirasakan oleh para pengguna di Eropa, YouTube masih menegaskan bahwa fitur ini hanya gratis di Amerika Serikat. Pernyataan ini disampaikan beberapa waktu lalu saat ada pengguna yang mempertanyakan fitur tersebut. 

"Jika Anda berada di luar Amerika Serikat, Anda memerlukan keanggotaan YouTube Premium untuk menggunakan PiP (Picture-in-Picture) dengan konten apa pun di YouTube," kata akun Team YouTube di platform X beberapa waktu lalu. 

Belum diketahui mengapa fitur ini bisa diakses oleh para pengguna non-Premium di Eropa. Jika YouTube berencana membuat fiturnya tersedia untuk umum, Eropa akan menjadi negara kedua yang bisa mengakses fitur tersebut secara gratis.