Microsoft Mengakhiri Dukungan Aplikasi Android di Windows 11, Termasuk Amazon
Tampilan aplikasi Android di Windows 11 (foto: Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft mengumumkan akan menghentikan aplikasi Android untuk Windows, termasuk Subsistem Windows untuk Android (WSA), komponen dasar di balik Amazon Appstore (dan aplikasi Android lainnya) di Windows 11. 

“Sebagai bagian dari komitmen kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang, kami memperbarui penawaran produk kami secara berkala,” kata salah seorang juru bicara Microsoft kepada Engadget. 

Adapun pembaruan penawaran produk baru untuk pelanggan di masa mendatang artinya sama dengan menghentikan produk lama, dan mengenalkan inovasi baru. 

“Microsoft tetap berdedikasi pada platform dan ekosistem terbuka, dan kami berharap dapat terus menghadirkan pengalaman dan aplikasi terbaik ke Windows,” tambahnya. 

Microsoft mengatakan, bagi pelanggan yang menginstal Amazon App store (atau aplikasi dan gim lain yang menggunakan WSA) di Windows 11 sebelum hari Selasa, mereka dapat terus menggunakannya hingga 5 Maret 2025.

Sedangkan Amazon, dalam pernyataan terpisah mengatakan bahwa bahwa App Store dan aplikasi terkait lainnya tidak lagi dapat ditemukan di Microsoft Store dimulai pada hari Rabu. 

“Mulai 6 Maret 2024, pelanggan Windows 11 tidak akan dapat mencari Amazon Appstore atau aplikasi terkait dari Microsoft Store. Pelanggan dapat terus menggunakan aplikasi Amazon Appstore yang sebelumnya mereka instal dan masih dapat menerima pembaruan aplikasi,” tulis pengumuman tersebut.