TikTok Akan Luncurkan Program Hadiah Kreator, Cara Baru untuk Menghasilkan Uang
Tampilan fitur monetisasi terbaru dari TikTok (foto: dok. TikTok)

Bagikan:

 

JAKARTA – Tahun lalu, TikTok merilis Program Kreativitas dalam versi beta atau eksperimental. Fitur ini mendapatkan banyak dukungan dari para kreator sehingga TikTok terus mengoptimalkan fitur tersebut. 

Selama proses pengujian dan pengembangan, Program Kreativitas berhasil meningkatkan pendapatan konten hingga 250 persen dalam waktu 6 bulan. Jumlah pembuat konten yang bisa menghasilkan 50 ribu dolar AS (Rp786 juta) pun meningkat 2 kali lipat.

Melihat besarnya potensi fitur ini, TikTok mengumumkan bahwa Program Kreativitas akan diluncurkan kepada publik dalam beberapa minggu mendatang. Program yang diluncurkan akan disempurnakan dengan nama Program Hadiah Kreator.

Program ini dirancang untuk membantu para kreator mengembangkan kreativitas dan menghasilkan potensi pendapatan yang tinggi. Seluruh kreator berhak mendapatkan uang selama konten yang dibuat adalah konten asli dan berkualitas tinggi.

Selain membuat konten asli dan berkualitas tinggi, para kreator harus membuat konten dengan durasi minimal satu menit. TikTok mengatakan bahwa empat hal yang harus ada di dalam konten adalah, "orisinalitas, durasi pemutaran, nilai pencarian, dan keterlibatan pemirsa."

Kriteria ini tidak sulit karena TikTok sudah mendukung video berdurasi panjang sejak tahun 2022. Banyak kreator yang mulai memanfaatkan fitur tersebut untuk bercerita, berbagi pengalaman, memberikan tips pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan data internal TikTok, sebanyak 50 persen pengguna menghabiskan waktunya untuk menonton konten berdurasi panjang. Namun, penayangan video berdurasi panjang hanya meningkat 40 persen selama enam bulan terakhir.

Dengan diluncurkannya Program Hadiah Kreator dengan ketentuan waktu yang lebih panjang, TikTok ingin memberikan fleksibilitas tambahan bagi para pembuat konten untuk mengekspresikan diri dan meraih kebebasan berkreasi tanpa batas.