Cara Mengetahui Screenshot di Instagram, Belum Banyak yang Tahu
Cara mengetahui screenshot di Instagram (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Instagram Story sering digunakan oleh para pengguna IG untuk mengunggah aktivitas atau hal-hal lainnya. Banyak pengguna IG yang menjadikan fitur Insta Story sebagai wadah berinteraksi dan melihat siapa saja pengguna yang tertarik dengan unggahannya. Salah satu pertanyaan yang kerap muncul yaitu cara mengetahui screenshot Instagram. 

Lewat IG Story memang pengguna dapat mengetahui siapa saja yang memberikan love, balasan, dan reaction pada unggahannya. Engagement atau respon followers tersebut juga dapat menunjukkan seseorang yang tertarik dengan pengguna. Ada kemungkinan juga orang tersebut melakukan tangkapan layar atau screenshot (ss) IG Story. 

Screenshot atau SS layar menjadi cara gampang untuk menyimpan foto atau gambar yang disukai. Biasanya kebiasaan ini dilakukan ketika sedang melihat postingan atau unggahan IG yang dianggap penting atau menarik. Termasuk kebiasaan SS foto di Insta Story akun lain, mengingat fitur ini hanya menampilkan selama 24 jam saja. 

Banyak pengguna IG yang penasaran apakah ada orang yang SS dan menyimpan postingan Insta Storynya. Jika ada, lantas siapa saja akun atau orang yang melakukannya. Lantas bagaimana cara mengetahui screenshot di Instagram?

Fitur Cara Mengetahui Screenshot di Instagram

Fitur notifikasi screenshot IG Story memang pernah dihadirkan oleh pihak Instagram. Ketika fitur ini hadir di IG, banyak pengguna yang merasa senang. Para pengguna jadi bisa mengetahui siapa saja yang screenshot atau menyimpan unggahan storynya. 

Namun sayangnya fitur ini sudah dibatalkan oleh Instagram. Fitur untuk mengetahui screenshot ini sudah tidak berlaku di IG. Fitur ini ditarik oleh IG karena alasan menjaga privasi. Selain itu, fitur ini ditiadakan sebagai komitmen IG dalam mendorong interaksi antar pengguna. Di samping itu, kebiasaan screenshot sudah cukup lumrah di kalangan pengguna.

Cara Mengetahui Orang Screenshot DM Instagram

Fitur untuk melihat siapa orang yang screenshot di IG kini tersedia untuk direct message (DM). Pengguna IG bisa melihat siapa saja yang melakukan tangkapan layar pada pesan DM, khususnya SS terhadap foto atau video. 

Jadi meski tidak bisa mengetahui siapa orang yang screenshot IG Story, Anda masih bisa memantau adanya SS di DM. Melalui fitur ini Anda dapat mengetahui siapa yang melakukan tangkapan layar karena menganggap pesan tersebut penting atau menarik. 

Berikut ini cara mengetahui orang yang screenshot di DM Instagram:

  1. Silakan masuk ke aplikasi Instagram di ponsel Anda
  2. Masuk ke menu pesan atau direct messenger (DM) di pojok kanan atas
  3. Kemudian buka pesan atau obrolan dari akun yang ingin Anda cari tahu
  4. Selanjutnya klik ikon kamera di bagian sudut kiri bawah
  5. Usai mengambil foto atau video, klik tulisan “Allow Replay” yang ada di pojok kiri bawah
  6. Kirimkan foto atau video tersebut ke akun yang dituju
  7. Jika pengguna atau akun tersebut melakukan screenshot terhadap foto atau video yang diikirim, maka Anda akan mendapatkan notifikasi. Akan muncul notifikasi yang menyebutkan “(nama pengguna) took a screenshot of the photo you sent”.

Cara Mengaktifkan Mode Privasi di DM Instagram

Instagram menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna melakukan chat atau pesan secara rahasia. Apa bedanya fitur pesan rahasia ini dengan DM biasa? Jadi ketika menggunakan fitur ini, pesan akan terhapus saat pengguna keluar dari ruang obrolan. Fitur ini ibaratnya seperti layer atau ruang tersembunyi dari setiap chat dengan pengguna lain. 

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkan vanish mode. Namun pastikan pengguna atau akun yang akan berkirim pesan juga mengaktifkan mode ini. Berikut ini cara mengaktifkan mode privasi DM Instagram:

  1. Silakan masuk ke aplikasi Instagram
  2. Kemudian menuju menu direct messenger (DM)
  3. Klik atau buat kolom chatting bersama akun lain
  4. Setelah berada di dalam room chat, selanjutnya gulirkan atau usap layar ke atas untuk mengaktifkan vanish mode
  5. Selamat vanish mode berhasil diaktifkan

Bagaimana sangat mudah bukan cara mengaktifkan vanish mode untuk melakukan pesan rahasia. Jika ingin menonaktifkan fitur ini, Anda tinggal menggulirkan atau mengusap room chat ke atas kembali. 

Demikianlah jawaban bagi pengguna IG yang bertanya cara mengetahui screenshot Instagram. Fitur untuk melihat siapa yang SS IG Story kita memang sudah tidak ada. Namun masih terdapat fitur pemberitahuan screenshot di direct messenger. Baca juga cara download reels Instagram dengan audio.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.