Cara Transfer Pulsa Smartfren ke DANA, Mudah dan Nggak Pakai Ribet
Cara transfer pulsa Smartfren ke Dana (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Transfer pulsa ke aplikasi e-wallet kini sudah menjadi aktivitas yang biasa. Daripada pulsa mengendap dan tidak digunakan, sebagian orang pilih mengubahnya menjadi saldo e-wallet. Banyak pengguna Smartfren yang menanyakan cara transfer pulsa ke Dana. 

Pengguna provider Smartfren perlu tahu cara transfer pulsa ke aplikasi Dana. Aplikasi dompet digital ini memang cukup populer dan banyak digunakan. Ketika membutuhkan isi saldo dana, beberapa metode dapat dilakukan termasuk dari transfer pulsa Smartfren. 

Smartfren menyediakan fitur transfer pulsa ke sesama maupun ke provider lain. Pengguna Smartfren bisa memanfaatkan fitur ini ketika ingin mengirim pulsa. Lantas bagaimana cara transfer pulsa Smartfren ke Dana?

Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Dana

Kirim pulsa dari Smartfren ke platform Dana bisa dilakukan secara mudah. Langkah-langkahnya pun cepat dan nggak ribet. Ikuti tips berikut ini untuk transfer pulsa Smartfren ke Dana:

Pastikan Saldo Mencukupi

Sebelum mulai melakukan transfer pulsa dari Smartfren ke aplikasi Dana, pastikan Anda memiliki saldo pulsa yang mencukupi. Anda memerlukan saldo minimal Rp5.000 untuk transfer pulsa Smartfren. Jika saldo masih kurang dari nominal tersebut, maka isikan saldo tambahan terlebih dahulu. 

Mendaftarkan Nomor Telepon ke Dana

Pastikan juga nomor telepon Anda sudah terdaftar di aplikasi Dana. Perlu diingat bahwa nomor ponsel tidak bisa terdaftar secara otomatis. Jadi apabila belum mendaftarkan nomor telepon, maka Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Cara registrasi sangatlah mudah, yakni tinggal menginstal aplikasi Dana dan lakukan pendaftaran pakai nomor telepon yang digunakan. 

Masuk ke Menu Transfer Pulsa

Jika sudah masuk ke aplikasi Dana dan siap transfer, silakan memilih opsi transfer pulsa. Menu atau opsi ini terletak di bagian bawah menu transfer uang. Setelah masuk ke menu transfer pulsa, pilih nomor telepon yang dijadikan tujuan penerima transfer. Pastikan juga nomor yang dipilih sudah terdaftar pada jaringan Smartfren. 

Masukan Nominal atau Jumlah Pulsa yang Ditransfer

Setelah memilih nomor telepon yang akan dikirimi pulsa, selanjutnya tinggal masukan nominal pulsa yang akan ditransfer. Ketentuan nominal minimal untuk transfer pulsa adalah Rp5.000. 

Konfirmasi Transfer Pulsa

Selanjutnya Anda tinggal konfirmasi transfer pulsa dengan tekan tombol “Transfer”. Nantinya Anda akan diminta memasukkan PIN DANA untuk menyelesaikan prosess transfer pulsa dari Smartfren ke aplikasi DANA.

Transfer Sudah Berhasil

Apabila semua langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, transfer pulsa dari Smartfren ke Dana akan berhasil. Anda akan mendapat notifikasi dari Dana dan Smartfren berisi informasi transaksi transfer pulsa yang sudah Anda lakukan. 

Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Dana Lewat Viapulsa

Ada cara lebih praktis untuk transfer pulsa dari Smartfren ke Dana, yaitu melalui Viapulsa. Anda bisa menukar pulsa ke DANA secara cepat, tanpa menghabiskan banyak waktu. Berikut ini langkah-langkah transfer pulsa ke DANA lewat Viapulsa:

  1. Pertama, silakan masuk ke laman resmi viapulsa dari browser di ponsel atau laptop Anda. 
  2. Apabila menggunakan ponsel, di pojok kanan bawah layar Anda bisa mengklik layanan bagi pelanggan Viapulsa.
  3. Silakan menghubungi layanan pelanggan lewat panggilan telepon untuk memulai transaksi. 
  4. Setelah layanan pelanggan menanggapi permintaan Anda, selanjutkan diberitahu bawah Anda melakukan akan melakukan konversi atau tukar pulsa ke DANA.
  5. Anda tinggal menyebutkan jumlah atau nominal saldo yang ingin ditukar ke DANA.
  6. Layanan pelanggan akan memberikan formulir pendaftaran yang perlu diisi untuk memproses permintaan konversi saldo. 
  7. Sesudah mengisi formulir yang disediakan, layanan pelanggan akan segera memproses transaksi konversi saldo.
  8. Tunggu sebentar dan saldo DANA Anda akan bertambah secara otomatis. Selanjutnya Anda hanya perlu memeriksa kembali dan cek ke dalam aplikasi DANA di ponsel. 

Demikianlah informasi cara transfer pulsa Smartfren ke DANA. Ikuti langkah-langkah di atas apabila Anda ingin menukarkan pulsa Anda menjadi saldo DANA daripada tidak terpakai. Baca juga aplikasi penghasil saldo DANA.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.