Cara Merekam Panggilan Telepon di iPhone Menggunakan Google Voice
Google Voice/DOK Google

Bagikan:

JAKARTA – Aplikasi untuk merekam panggilan bisa sangat berguna bagi beberapa pengguna. Sayangnya, Apple tidak menghadirkan fitur bawaan untuk merekam panggilan di perangkat buatannya, khususnya iPhone.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika Anda ingin merekam panggilan telepon di iPhone. Mengutip dari Makeuseof, Anda bisa menggunakan Google Voice, aplikasi panggilan telepon gratis buatan Google.

Google Voice merupakan layanan panggilan Voice over Internet Protocol (VoIP). Layanan ini memberikan nomor telepon gratis, kotak masuk pesan suara, dan melakukan panggilan telepon secara gratis hanya dengan satu aplikasi.

Google Voice juga memiliki fitur yang sangat menarik, yaitu perekaman panggilan telepon secara gratis. Namun, fitur ini tidak akan berguna jika Anda menggunakan akun Google Workspace untuk perusahaan atau Institusi pendidikan.

Untuk menggunakan fitur tersebut, unduh aplikasi Google Voice terlebih dahulu. Setelah itu, buka aplikasi dan masuk dengan akun Google pribadi, lalu ketuk Cari untuk memilih nomor telepon yang ingin dikaitkan ke akun Google Voice.

Jika sudah mengikuti tahapan yang diminta, Anda bisa menekan tombol Berikutnya dan masukkan nomor telepon yang diminta. Ikuti tahapan yang tersisa, termasuk verifikasi nomor telepon, hingga aplikasi sudah siap untuk digunakan.

Sebelum menggunakan fitur rekaman panggilan, Anda perlu mengaktifkan fiturnya melalui Pengaturan. Buka Google Voice, lalu buka Pengaturan untuk mencari menu Panggilan. Selanjutnya, aktifkan Opsi Panggilan Masuk.

Jika toogle button sudah diaktifkan, Anda bisa menerima panggilan telepon menggunakan Google Voice. Untuk mengaktifkan fitur rekaman selama panggilan, Anda hanya perlu menekan tombol 4 pada papan nomor di layar iPhone.