Platform X Telah Bagikan Rp711 Miliar untuk Program Bagi Hasil
Program bagi hasil di platform X (foto: dok. X) 

Bagikan:

JAKARTA – Platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengatakan bahwa mereka memiliki kreator yang terdiri dari artis, influencer, hingga pengusaha. Para kreator ini telah menghasilkan banyak uang di X.

Hingga saat ini, platform X telah membayar lebih dari 45 juta dolar AS (Rp711 miliar) kepada lebih dari 150.000 pembuat konten di X. Bayaran ini merupakan total akumulasi monetisasi selama tujuh bulan sejak program bagi hasil dibuat.

Akun XCreators tampaknya bangga dengan pencapaian ini. Pasalnya, dalam fakta yang diungkapkan di akun tersebut pada Senin, 25 Maret, tercatat bahwa sistem pembayaran kreator tidak pernah ada jika program bagi hasil tidak dibuat.

Masih tentang pembayaran, akun XCreators menegaskan bahwa program bagi hasil hanya menghasilkan sedikit dana bagi platform X. Bahkan, mereka hanya mengambil 10 persen bagian dari seluruh pendapatan yang dihasilkan pengguna.

"Kreator menyimpan semua pendapatan dari langganan kreator setelah biaya (X tidak menyimpan apa pun) untuk 100K dolar AS (Rp1,5 miliar) pertama, lalu hanya 10 persen untuk X dan sisanya untuk Kreator," tulis akun XCreators.

Seluruh pembuat konten yang bergabung di program bagi hasil X akan mendapatkan bayaran setiap dua minggu sekali. Menurut XCreators, sistem pembayaran ini sangat cepat dibandingkan dengan program monetisasi di platform lain.

Saat ini, program bagi hasil hanya berlaku pada iklan balasan dan iklan profil. Rencananya, X akan memperluas iklannya ke video sehingga para pembuat konten bisa menghasilkan pendapatan lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Program bagi hasil ini tersedia di seluruh negara, tak terkecuali di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk bergabung, Anda bisa mendaftar dengan cara yang mudah, tetapi akun Anda harus memenuhi persyaratan yang diatur oleh X terlebih dahulu.