Penjual E-Commerce China Menghadapi Kendala di TikTok Shop AS
Pernjual asal China alami kesulitan di TikTok AS (foto: dok. tiktok)

Bagikan:

JAKARTA - Penjual e-commerce China yang ingin menjual produk di TikTok Shop di AS sebagai alternatif Amazon merasa terganggu oleh langkah-langkah yang diambil oleh aplikasi video pendek tersebut untuk memperketat penegakan aturannya bagi penjual luar negeri yang membuka toko di platform tersebut.

TikTok, yang dimiliki oleh China dan tengah menghadapi ancaman harus melepaskan operasi AS-nya atau dilarang, telah mengambil sikap yang lebih keras terhadap penegakan aturannya dalam beberapa minggu terakhir, menurut lima penjual China di situs tersebut dan sebuah asosiasi industri yang mewakili 3.000 toko China yang menjual produk secara online.

TikTok mengharuskan entitas AS yang didaftarkan oleh penjual dimiliki dan dipimpin oleh pemegang paspor AS sebanyak 51%, menurut penjual dan Winnie Wang, ketua eksekutif Asosiasi E-Commerce Lintas Batas Shenzhen, grup penjual terbesar di China yang berbasis di pusat manufaktur.

Banyak penjual China telah menggunakan entitas AS untuk diakui sebagai pedagang AS di platform tersebut tetapi aturan tersebut berarti mereka perlu didaftarkan kembali sebagai penjual luar negeri, yang mereka katakan menerima lebih sedikit prominensi dan dukungan, menempatkan mereka dalam posisi yang tidak menguntungkan dibandingkan dengan penjual TikTok AS.

Penjual China mengatakan mereka merasa menjadi sasaran aturan TikTok dan beberapa dari mereka berpikir untuk mengurangi sumber daya yang mereka masukkan untuk mendorong penjualan di platform tersebut atau mencari mitra AS.

“Kami sedang mempertimbangkan berapa banyak waktu dan sumber daya yang kami masukkan ke dalam ini,” kata penjual e-commerce berbasis Shenzhen, Jackie Bai.

Dia dan penjual lainnya mengatakan bahwa sebagai perbandingan, Amazon tidak membedakan antara penjual AS dan penjual lainnya di platformnya, di mana semua memiliki akses ke “seller central” dan bersaing secara setara.

Amazon tidak merespons permintaan komentar.

Bai dan dua penjual lainnya yang berbasis di China mengatakan mereka mendengar dari perwakilan TikTok Shop bahwa pengetatan aturan tersebut adalah respons terhadap sensitivitas politik yang dihadapi TikTok di AS dalam tahun pemilihan. TikTok menolak untuk berkomentar.

Pejabat AS telah mengkritik keamanan dan privasi aplikasi tersebut, menyarankan data pengguna mungkin dibagi dengan Beijing, tetapi TikTok telah mengatakan perusahaan tersebut tidak pernah membagikan, atau menerima permintaan untuk membagikan, data pengguna AS dengan pemerintah China.