Fitur Super HDR Hanya Tersedia di Seri Samsung Galaxy S24
Fitur Super HDR di Samsung S24 (foto: dok. Samsung)

Bagikan:

 

JAKARTA – Super HDR, fitur yang membuat gambar lebih berkualitas saat diunggah ke media sosial, merupakan fitur yang diperkenalkan oleh Samsung saat meluncurkan seri Galaxy S24 beberapa waktu lalu.

Fitur ini menjadi salah satu keunggulan dari seri Galaxy S24 karena tidak semua perangkat bisa mengunggah gambar yang jernih ke media sosial. Dengan dukungan Third-Party App Integration, Super HDR mampu beroperasi di aplikasi seperti Instagram dan Snapchat.

Sayangnya, fitur yang didasari Ultra HDR buatan Google ini tidak akan tersedia di semua perangkat Galaxy. Bahkan, pihak Samsung mengonfirmasi bahwa Super HDR hanya bisa diakses oleh seri S24, membuat generasi sebelumnya sedikit tertinggal.

Seorang moderator di forum Samsung, dikutip dari 9to5google, menjawab pertanyaan terkait fitur Super HDR yang tidak disertakan ke dalam pembaruan One UI 6.1. Ia menjelaskan bahwa tidak semua perangkat mampu mengoperasikan Super HDR.

Moderator forum itu  mengatakan bahwa Super HDR bisa diakses di seri Galaxy S24 karena didukung AP dan memiliki tampilan yang mendukung. Oleh karena itu, Super HDR tidak tersedia di perangkat lain karena prosesornya yang tidak mumpuni.

System-on-Chip (SoC) memang berperan besar terhadap ketersediaan fitur ini. Jika tidak menggunakan prosesor yang tepat, perangkat seperti S23 dan S22 tidak akan bisa mengumpulkan data gambar pada level yang sama.

Masalah ini dapat dipahami karena Super HDR memang fitur yang sangat berat. Hampir tak ada ponsel yang bisa mengambil gambar secara langsung dari media sosial mereka, bahkan melakukan zoom sejauh mungkin tanpa takut gambarnya pecah.