Platform X Berikan Centang Biru Secara Gratis, Begini Syaratnya!
 Platform X berikan paket Premium gratis (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Platform X, saat masih bernama Twitter, memberikan tanda centang berwarna biru secara gratis ke akun tertentu. Namun, setelah Elon Musk mengambil alih perusahaan, sistem centang ini berubah.

Tanda centang biru menjadi tidak istimewa karena semua pengguna bisa mendapatkannya dengan cara membeli. Dengan kata lain, centang biru merupakan identitas bagi para pengguna platform X yang berlangganan paket X Premium.

Namun, secara mengejutkan, beberapa pengguna X kembali mendapatkan centang biru secara gratis. Awalnya, banyak pengguna yang bingung dengan centang biru di akun mereka. Namun, Musk telah menjawab kebingungan mereka.

"Setiap akun dengan lebih dari 2.500 pengikut terverifikasi (pelanggan Premium atau Premium+) akan mendapatkan fitur Premium secara gratis dan akun dengan lebih dari 5.000 (pengikut) akan mendapatkan Premium+ secara gratis," jelas Musk melalui akunnya.

Secara sederhana, kebijakan ini menguntungkan akun-akun besar seperti artis, influencer, tokoh politik, dan akun-akun besar lainnya. Mereka tidak perlu berlangganan paket Premium lagi karena mereka akan mendapatkannya secara gratis.

Semenjak centang biru bisa dibeli dan bisa dimonetisasi, tanda ini sering mendapatkan kritikan. Pasalnya, banyak akun centang biru yang sengaja menarik amarah pengguna lain agar traffic unggahan mereka meningkatkan dan uang yang dihasilkan lebih banyak.

Misalnya, ketika ada unggahan yang membahas korban pelecehan seksual, mereka akan meninggalkan komentar yang kontroversial seperti menyalahkan korbannya. Reaksi seperti ini tentu akan mendapatkan lebih banyak interaksi.

Sepertinya, citra buruk ini akan terus melekat selama akun dengan centang biru kerap membuat komentar yang kontroversial. Setidaknya, citra buruk seperti ini tidak akan melekat di akun-akun besar yang memiliki banyak penggemar.