Anggota Kongres AS Kritik Pemerintahan Biden Setelah Huawei Perkenalkan Laptop Baru dengan Chip Intel
Anggota Kongres Republik, Michael Gallagher, kritik pemerintahan Joe Biden (foto: x @HouseIntel )

Bagikan:

JAKARTA -Anggota Kongres AS dari Partai Republik mengkritik pemerintahan Presiden AS Joe Biden pada Jumat 12 April, setelah raksasa peralatan telekomunikasi asal China, Huawei, yang telah dikenakan sanksi, memperkenalkan laptop pekan ini yang didukung oleh chip kecerdasan buatan (AI) dari Intel.

Amerika Serikat menempatkan Huawei dalam daftar pembatasan perdagangan pada tahun 2019 karena melanggar sanksi terhadap Iran, sebagai bagian dari upaya lebih luas untuk menghambat kemajuan teknologi Beijing. Penempatan dalam daftar tersebut berarti para pemasok perusahaan harus mencari lisensi khusus yang sulit untuk diperoleh sebelum mengirimkan barang kepadanya.

Salah satu lisensi tersebut, yang diterbitkan oleh pemerintahan Donald Trump, telah memungkinkan Intel untuk mengirimkan pemroses pusat ke Huawei untuk digunakan dalam laptop sejak tahun 2020. Pihak China telah mendesak pemerintahan Biden untuk mencabut lisensi tersebut, tetapi banyak yang dengan enggan menerima bahwa lisensi itu akan berakhir tahun ini dan tidak akan diperbaharui.

Pengungkapan Huawei pada Kamis lalu tentang laptop pertama mereka yang didukung oleh AI, MateBook X Pro yang ditenagai oleh prosesor Core Ultra 9 baru Intel, mengejutkan dan mengganggu mereka, karena itu menunjukkan kepada mereka bahwa Departemen Perdagangan telah menyetujui pengiriman chip baru ke Huawei.

"Salah satu misteri terbesar di Washington  DC, adalah mengapa Departemen Perdagangan terus mengizinkan teknologi AS dikirim ke Huawei," kata anggota Kongres Republik, Michael Gallagher, yang mengepalai komite seleksi Dewan Perwakilan Rakyat tentang China, dikutip VOI dari Reuters.

Seorang sumber yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan bahwa chip tersebut dikirim dengan lisensi yang sudah ada. Mereka tidak tercakup dalam pembatasan baru-baru ini terhadap pengiriman chip AI ke China, kata sumber tersebut.

Departemen Perdagangan dan Intel menolak untuk berkomentar. Huawei juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Reaksi tersebut merupakan tanda tekanan yang semakin meningkat pada pemerintahan Biden untuk melakukan lebih banyak usaha untuk menghambat kenaikan Huawei, hampir lima tahun setelah ditambahkan dalam daftar pembatasan perdagangan.

Pada bulan Agustus, perusahaan tersebut menggegerkan dunia dengan ponsel baru yang didukung oleh chip canggih yang diproduksi oleh produsen chip China yang dikenakan sanksi, SMIC, menjadi simbol kebangkitan teknologi China meskipun upaya terus-menerus Washington untuk menghancurkan kemampuannya untuk memproduksi semikonduktor canggih.

Dalam dengar pendapat subkomite Senat pekan ini, Kevin Kurland, seorang pejabat penegakan ekspor, mengatakan bahwa pembatasan Washington terhadap Huawei telah memiliki "dampak signifikan" pada aksesnya terhadap teknologi AS. Dia juga menekankan bahwa tujuan tersebut bukanlah untuk sepenuhnya menghentikan pertumbuhan Huawei tetapi untuk mencegahnya menggunakan teknologi AS untuk "aktivitas jahat."

Namun, komentar tersebut sedikit mengurangi frustrasi di kalangan pejabat Partai Republik yang keras terhadap China menyusul berita tentang laptop baru Huawei.

"Persetujuan ini harus dihentikan," kata anggota kongres Republik, Michael McCaul. "Dua tahun yang lalu, saya diberitahu bahwa lisensi untuk Huawei akan dihentikan. Hari ini, sepertinya kebijakannya belum berubah."