Cara Mengatasi Error Android is Starting Optimizing App, Ternyata Ini Penyebabnya
Cara mengatasi Android is Starting Optimizing App (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengguna ponsel seringkali mengalami gangguan atau error yang tidak dipahami. Salah satunya adalah terjadinya Android mengoptimalkan aplikasi (Andorid is Starting Optimizing App). Masalah ini kerap bikin pusing pemilik ponsel Android karena tidak tahu cara mengatasinya. 

Andorid is Starting Optimizing App bisa muncul karena beberapa penyebab, seperti ketika menginstal aplikasi baru kemudian Anda merestart ponsel. Masalah ini bisa terjadi di merek ponsel Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo, Sony. dan lainnya. 

Bagi Anda yang baru memiliki ponsel Android, mungkin juga masih belum tahu apa itu Android starting optimizing apps. Supaya nggak panik ketika mengalami problem ini, pahami cara mengatasi hp mengoptimalkan aplikasi di Android.

Apa Itu Android is Starting Optimizing App?

Tidak sedikit pengguna ponsel Android yang mengeluhkan terjadinya Android mengoptimalkan aplikasi. Kondisi ini dialami ketika ponsel berhenti (stuck) di boot dan menunjukkan pesan “Android is Starting Optimizing App”, yang diikuti dengan “Optimizing App X of X”. Yang mana kode ‘X’ adalah angka dari 1 ke jumlah aplikasi yang terpasang di ponsel. 

Error ini mengganggu kenyamanan pengguna Android karena tidak bisa mengaktifkan dan mengoperasikan ponsel mereka. Terkadang masalah ini hanya berlangsung selama beberapa menit saja dan ponsel akan kembali menyala normal. Namun tak jarang juga ponsel stuck lama dan pengguna perlu menanganinya sendiri. 

Cara Mengatasi Android is Starting Optimizing App

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah Android is Starting Optimizing App. Berikut ini sejumlah cara untuk menyelesaikan masalah hp Android mengoptimalkan aplikasi:

Restart Ponsel

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini adalah dengan reboot. Restart atau mulai ulang ponsel Anda dengan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Power + Volume Down hingga ponsel mati. Tunggu sekitar 2-3 menit sesudah mematikan perangkat. Apabila baterai ponsel Anda bukan jenis tanam, langsung saja melepas baterai untuk kemudian dipasang lagi. Lalu nyalakan kembali ponsel seperti biasa.

Langkah 2: Apabila ponsel sudah benar-benar dimatikan, Anda perlu merestart ulang. Tekan dan tahan tombol daya sampai muncul gambar di layar dan getaran yang menunjukkan boot.

Lepas dan Sambungkan Pengisi Daya

Apabila Anda sudah menghubungkan perangkat Android ke charger saat booting, maka solusinya adalah dengan putus-sambung pengisi daya. Beberapa pengguna mengungkapkan bahwa cara ini bisa mengatasi masalah Android is Starting Optimizing App. 

Cara melakukannya tinggal melepas sambungan pengisi daya, kemudian restart ulang ponsel Anda. Apabila ponsel masih stuck, coba mulai ulang secara paksa dengan metode nomor 1 tadi. 

Mengeluarkan Kartu SD

Terkadang Android is Starting Optimizing App disebabkan karena adanya file atau aplikasi rusak yang tersimpan di SD card. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus aplikasi tersebut dan memulai ulang ponsel. Keluarkan kartu SD dari ponsel, kemudian coba restart perangkat Anda. 

Apabila ponsel Anda masih tetap macet meski sudah mengeluarkan SD card, coba restart ulang secara paksa tanpa memasang kartu memori. Setelah itu, periksa kembali apakah masalah Android is Starting Optimizing App bisa teratasi. 

Membersihkan Cache Partisi

Solusi lainnya yang bisa Anda ambil adalah dengan membersihkan cache partisi atau wipe cache partition. Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus cache partisi:  

Langkah 1: Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Power+Volume (baik atas maupun bawah) sampai perangkat bergetar.

Langkah 2: Kemudian tekan tombol Power sekali lagi untuk mengonfirmasi booting ke Mode Pemulihan (Recovery Mode).

Langkah 3: Jika sudah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol Volume menggerakan arahan ke atas dan ke bawah dan tombol Power untuk menekan pilihan. Kemudian pilih Wipe Partition Cache dengan menekan tombol Power.

Langkah 4: Silakan menunggu hingga proses selesai dan mulai ulang ponsel Anda. Setelah berhasil restart, periksa apakah masalahnya hilang dari ponsel Anda.

Demikianlah beberapa cara mengatasi Android is Starting Optimizing App yang bisa Anda lakukan. Masalah hp Android mengoptimalkan aplikasi terjadi karena beberapa faktor, seperti aplikasi yang rusak, aplikasi yang tidak kompatibel, upgrade versi Android, dan lainnya. Baca juga cara mengatasi IC sinyal rusak di smartphone.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.