Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Konsol Game Handheld
Bermain game di konsol game handheld/ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA – Kemajuan teknologi membuat para gamers memiliki akses yang lebih beragam untuk bermain game. Mereka tidak hanya mengandalkan komputer dan ponsel pintar, tetapi juga konsol game handheld.

Meski banyak gamers yang lebih tertarik untuk merakit PC gaming, konsol game handheld memiliki pasarnya sendiri. Jika Anda salah satu gamers yang tertarik dan ingin membeli, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum membeli.

Mengutip dari Makeuseof, Anda harus menyocokkan dana yang dimiliki dengan spesifikasi konsol game yang diperlukan. Banyak pilihan konsol game dan harganya pun beragam, seperti ASUS ROG Ally Handheld Gaming Console yang dibanderol seharga Rp13,9 juta.

Selain itu, ada MSI Claw A1M dibanderol dengan harga Rp11juta ke atas, Nintendo Switch V2 yang dibanderol dengan harga Rp3,6 juta ke atas, dan ANBERNIC RG405M Handheld Video Game Console yang dibanderol dengan harga Rp2.799.000.

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa apakah konsol game handheld yang akan Anda beli memiliki game yang Anda sukai. Jika ternyata konsol game yang Anda beli tidak memilikinya, hal ini akan sangat menyayangkan mengingat harganya yang tidak murah.

Berikutnya, Anda harus mencari tahu apakah konsol game handheld yang akan dibeli mendukung penggunaan dock. Hal ini akan berguna jika Anda tertarik untuk bermain di layar yang lebih besar, seperti monitor atau televisi, dan menjadikan konsol game Anda sebagai pengontrol.

Terakhir, Anda perlu menentukan mode bermain game yang Anda sukai. Jika Anda tidak masalah dengan mode streaming, Anda bisa membeli perangkat seperti Logitech G Cloud. Namun, jika Anda lebih menyukai game yang disimpan secara offline, Anda bisa menggunakan Nintendo Switch, Steam Deck, atau ROG Ally.