NASA Pamerkan Teknologi Antariksa di FIRST Robotic Championship 2024
Ket. Foto: Pameran NASA di FIRST Robotic Championship 2024 (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA – NASA menggelar pameran di FIRST Robotic Championship 2024, kompetisi robotika untuk siswa SMA di seluruh dunia. Di acara tersebut, NASA memperkenalkan berbagai teknologi antariksa buatan mereka.

FIRST Robotic Championship 2024 digelar di George R. Brown Conventio Center, Houston pada 17 hingga 20 April. Acara ini diikuti oleh lebih dari 50.000 peserta dari berbagai negara untuk mempelajari teknologi terkini yang mendukung masa depan.

Acara besar ini sudah digelar sejak tahun 1992, tetapi NASA belum menunjukkan dukungan di tahun tersebut. Setelah lokasi kompetisinya dipindahkan ke Houston, NASA baru terlibat dengan memberikan dukungan dan membantu para peserta setiap tahunnya.

NASA melakukan hal yang sama tahun ini, tetapi teknologi yang dipamerkan berbeda. Lembaga negara AS itu fokus pada pengetahuan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) yang membantu para siswa untuk mendorong batasan ide mereka.

Beberapa teknologi yang NASA perkenalkan kepada siswa adalah pesawat supersonic X-59, penjelajah Mars Perseverance, helikopter Ingenuity, Europa Clipper, Exobiology Extant Life Surveyor, Penjelajah Volatiles untuk mengeksplorasi Kutub, dan lainnya.

Seluruh teknologi yang ditampilkan berasal dari fasilitas Johnson Space Center, Armstrong Flight Research Center, Ames Research Center, Glenn Research Center, Goddard Space Flight Center, Kennedy Space Center, Jet Propulsion Laboratory, dan masih banyak lagi.

Joseph Zakrzewski, Spesialis Hubungan Masyarakat Johnson Space Center, mengatakan bahwa pameran NASA mendapatkan banyak perhatian dari peserta kompetisi. Pasalnya, tak sedikit siswa yang mampir untuk melihat teknologi buatan NASA.

"Sungguh menginspirasi melihat begitu banyak orang yang tertarik dengan robotika dan bersemangat untuk memecahkan masalah yang kompleks,” kata Zakrzewski. “Kami sangat bersemangat untuk menyatukan para pemimpin masa depan dari seluruh dunia.”

Dengan antusias yang ditunjukkan para peserta, NASA akan menampilkan lebih banyak teknologi menarik tahun depan. Mereka akan terus mendukung kemampuan peserta dan mendorong diskusi mengenai peluang karier di bidang STEM.