Cara Mengatifkan Fitur Do Not Disturb Otomatis di Android dan iPhone
Cara mengaktifkan fitur do not disturb otomatis di Android

Bagikan:

YOGYAKARTA - Fitur Do Not Disturb (DND) di ponsel sangat berguna bagi pengguna yang tidak ingin terganggu notifikasi. Pengguna ponsel biasanya mengaktifkan fitur “jangan ganggu” ini ketika sedang rapat ataupun ingin fokus pada suatu hal. 

Adanya fitur Do Not Disturb memungkinkan pengguna tidak menerima notifikasi untuk sementara waktu. Fitur ini sangat mendukung ketika Anda tidak ingin mendapat pemberitahuan seperti panggilan, pesan, atau aplikasi tertentu. 

Namun masih banyak pengguna ponsel baik Andorid maupun iPhone yang belum sadar kalau terdapat fitur “jangan ganggu”. Setelah mengetahui tersedianya fitur DND, mereka merasa senang karena bisa menjawab kebutuhan untuk menghindari gangguan notifikasi ponsel. 

Mengingat fitur ini memiliki kegunaan yang sangat penting, pemilik ponsel sebaiknya mempelajari cara mengaktifkan mode “Jangan Ganggu”. Fitur ini bisa diaktifkan secara mudah dan kapanpun ketika Anda membutuhkannya. 

Ketika fitur ini diaktifkan, notifikasi dari pesan, panggilan, atau aplikasi akan disembunyikan dari layar ponsel. Dengan begitu Anda nggak akan terganggu ingin mengecek pemberitahuan yang masuk. Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur do not disturb otomatis Android dan iPhone?

Cara Mengaktifkan Fitur Do Not Disturb di Android

Pengguna Android bisa memanfaatkan mode “Jangan Ganggu” untuk mensenyapkan ponselnya dari notifikasi yang masuk. Langkah atau navigasi pengaktifan fitur do not disturb di setiap ponsel Android mungkin bisa sedikit berbeda. 

  1. Silakan membuka menu “Pengaturan” di perangkat Anda.
  2. Kemudian pilih “Pemberitahuan” atau “Notifications”.
  3. Selanjutnya klik “Jangan Ganggu” atau “Do Not Disturb”.
  4. Setelah menyalakan fitur tersebut, kamu dapat mengatur jadwal kapan mode DND diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai keinginan. 
  5. Jika ingin menyetel mode DND aktif secara otomatis di jadwal yang sudah diatur, Anda bisa mengklik “Turn on as scheduled” atau “Nyalakan sesuai jadwal”.
  6. Jika sudah, kemudian klik “+” (plus).
  7. Selain mengatur jadwalnya, pengguna juga bisa menentukan aplikasi apa yang ingin tetap dinyalakan notifikasinya, suara yang diperbolehkan muncul, hingga bisa memblokir seluruh aplikasi. 

Cara Mengaktifkan Fitur Do Not Disturb di iPhone

Cara mengaktifkan fitur do not disturb di ponsel iPhone memiliki sedikit perbedaan dari hp Android. Namun langkah-langkahnya juga sangat mudah dan nggak ribet. Ikuti prosedur berikut ini untuk mengaktifkan fitur “Jangan Ganggu” di iPhone:

  1. Silakan masuk ke menu pengaturan perangka.
  2. Kemudian pilih opsi “Focus” atau “Fokus”. 
  3. Kemudian pilih mode “Do not Disturb” atau “Jangan Ganggu”. 
  4. Lanjutk pilih kontak dan aplikasi yang dirasa penting supaya dapat mengirimkan pemberitahuan ketika mode DNB diaktifkan. 
  5. Atur layar home atau layar utama supaya hanya bisa menampilkan notifikasi dari aplikasi tertentu yang dirasa penting ketika mode jangan ganggu aktif. 
  6. Anda juga bisa mengatur jadwal mode DND untuk aktif secara otomatis, misalnya dari hari Senin hingga Selasa, pukul 00.00 - 00.00 (24 jam). 
  7. Jika sudah mengaturnya, maka mode  DND di iPhone Anda telah diaktifkan. 
  8. Setelahnya mode “Jangan Ganggu” di iPhone akan aktif secara otomatis sesuai dengan jadwal yang sudah Anda tentukan sebelumnya.
  9. Selain itu, mode DND ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual di luar jadwal tersebut. 
  10. Caranya tinggal membuka halaman pusat kontrol dengan menggulir layar dari atas ke bawah, kemudian pilih kolom “Fokus” dan klik mode DND. 

Demikianlah cara mengaktifkan fitur do not disturb di ponsel Android dan iPhone yang perlu Anda tahu. Fitur ini bisa Anda gunakan ketika sedang menjalani kegiatan penting atau lagi nggak ingin terganggu oleh notifikasi ponsel. Baca juga cara download reels Instagram dengan audio

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.