Tips Aman Download Game Gratis di Internet
Ilustrasi (ExplorerBob/Pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Bermain gim online atau offline adalah salah satu cara menghilangkan kebosanan. Menariknya kini sudah banyak tersedia gim yang dapat diunduh secara gratis di toko aplikasi maupun Internet.

Akan tetapi, tahukah Anda jika ada tautan yang mengklaim gim gratis tidak selalu aman, malah ada yang berbahaya dan bisa jadi berisi malware yang justru dapat merusak perangkat maupun PC Anda.

Agar terhindar dari hal tersebut, berikut tips aman mengunduh gim gratis yang dilansir VOI dari Kaspersky.

1. Unduh gim dari sumber tepercaya

Saat ini, banyak platform gim muncul setiap tahunnya, karena posisi dominan pasar Steam telah mendorong Origin, uPlay, Epic Games Store, dan lainnya untuk mencoba mengembangkan layanan mereka sendiri.

Banyak dari para pengembang independen juga ingin menjual gim langsung di situs mereka sendiri untuk menghindari pembayaran komisi penjualan ke toko aplikasi seperti App Store dan Google Play Store.

Karena itu, beberapa gamer sudah terbiasa dengan gagasan bahwa tidak ada salahnya mengunduh gim langsung dari situs web acak, bahkan jika mereka belum pernah mengunjunginya.

Jadi, jika Anda diminta untuk mengunduh sesuatu dari situs yang tidak dikenal, jangan pernah terperangkap dalam tipu daya tersebut. Selain itu, jangan pernah mengklik tautan dari orang asing, bahkan satu klik pada URL dapat mengunduh beberapa hal berbahaya.

2. Masukkan alamat toko gim secara manual pada browser Anda

Tautan yang mengklaim mengarah ke situs resmi tidak akan selalu membawa Anda ke sana. Jika seseorang menulis postingan di forum yang mengklaim bahwa Anda dapat mengunduh koleksi Battlefield gratis dari toko orisinal, berhati-hatilah sebelum memasukkan nama pengguna dan kata sandi pada halaman apa pun yang dibuka tautan tersebut.

Situs tersebut mungkin saja palsu, kemudian dihosting di alamat yang sangat mirip dengan toko asli. Para peretas ini ingin mengumpulkan informasi login dan membajak akun Anda.

Secara umum, meskipun tawaran di forum tampak tidak mencurigakan, itu masih bisa menjadi tipuan. Cara terbaik adalah menggunakan klien resmi toko gim atau memasukkan URL di bilah alamat browser Anda secara manual.

3. Cari gim hanya dari pengembang dan penerbit terverifikasi

Sebaiknya, mengunduh apa pun, carilah informasi tentang gim tersebut di internet terlebih dahulu. Jika pengembang mengalami masalah keamanan, kemungkinan besar Anda akan menemukan berita terkait di media gim dan forum.

4. Membaca ulasan pemain lain

Pastikan untuk membaca ulasan sebelum menginstal gim. Jika sebuah gim mendapatkan banyak kritik, itu menjadi tanda bagi Anda untuk tidak mengunduhnya.

5. Jangan matikan proteksi dan perlindungan

Sangat sulit untuk menjadi selalu waspada. Namun, atas alasan apa pun, Anda dapat menggunakan solusi keamanan yang andal untuk memerangi malware dan pelaku kejahatan siber.

Perangkat lunak antivirus dapat mendeteksi situs web palsu sebelum menyebabkan kerusakan, memindai file instalasi, memblokir aktivitas yang mencurigakan, dan melindungi data paling berharga.

6. Jangan tergiur dengan sesuatu yang berlabel gratis

Gim gratis dapat menawarkan kesenangan dan kualitas yang sama menariknya dengan produk berbayar. Misalnya, Dota 2, League of Legends, Fortnite, dan berbagai proyek pengembang independen di Steam membuktikan hal ini.

Namun, Anda harus tetap memperhatikan keamanan. Unduhlah gim hanya dari sumber resmi. Jika tidak familiar dengan sebuah situs, lalu bagaimana Anda yakin bahwa orang asing yang memposting penginstal gim tidak menambahkan hal berbahaya di dalamnya?

Periksa reputasi pengembang dan penerbit sebelum mengunduh gim. Jika mereka ditemukan bertindak tidak etis di masa lalu, maka Anda harus menghindarinya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Tips Aman Unduh Gim Gratis di Internet.

Selain Tips Aman Download Game Gratis di Internet, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!