Hanya Butuh Waktu 17 Tahun, Facebook Kini Bernilai 1 Triliun Dolar AS
Ilsutrasi- Facebook (FotoImage Credit: Alex Haney / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pertama kali dalam sejarah Facebook, akhirnya bergabung dengan jajaran perusahaan bernilai lebih dari satu triliun dolar pada penutupan pasar hari ini. Kapitalisasi pasar perusahaan menempati 1,008 triliun dolar Amerika Serikat (AS).

Hanya dalam 17 tahun saja, Facebook berhasil masuk dalam daftar perusahaan teknologi AS yang telah melewati nilai 1 triliun dolar AS. Dan Facebook adalah satu-satunya perusahaan yang didirikan pada tahun 2000-an oleh Mark Zuckerberg. Lainnya dengan nilai yang sejajar seperti Google, kebanyakan lahir sebelum tahun 2000-an.

Dikutip dari Yahoo Finance, Selasa 29 Juni, saham perusahaan juga telah naik 30 persen tahun ini di tengah meningkatnya ketergantungan publik pada aplikasi Facebook untuk tetap berhubungan dengan teman dan bisnis selama pandemi COVID-19, yang mengarah pada pertumbuhan pengguna yang stabil dan permintaan yang kuat untuk iklan digital.

Hampir tiga tahun setelah Apple Inc. menjadi perusahaan publik AS pertama yang mencapai angka 1 triliun dolar AS, sekarang ada empat perusahaan teknologi AS lainnya termasuk Microsoft Corp, Amazon.com Inc dan induk Google Alphabet Inc.

Facebook tidak hanya sekadar media sosial, ia juga merupakan perusahaan besar yang memiliki anak-anak dalam bidang yang sama seperti Messenger, Instagram, WhatsApp, dan Oculus.

Kabar pencapaian Facebook ini muncul bersamaan dengan dihentikannya kasus Federal Trade Commission (FTC) menyoal akuisisi Instagram dan WhatsApp, setelah hakim federal menyatakan FTC tidak memberikan cukup bukti bahwa perusahaan tersebut melakukan monopoli.

Diketahui, FTC menuduh Facebook melanggar undang-undang antimonopoli federal dengan membeli calon pesaing di pasar media sosial. Lembaga pemerintahan tersebut berusaha untuk melepaskan akuisisi Facebook atas Instagram dan WhatsApp.

Namun, belum lama ini hakim menolak kasus pengaduan tersebut dan menyatakan FTC tidak menawarkan bukti yang cukup untuk klaim Facebook menggunakan kekuatan monopoli.

Bagaimanapun, saham Facebook terus melonjak terlepas dari gugatan tersebut. Perusahaan baru saja mencatatkan sejarahnya dengan mencapai nilai 1 triliun dolar AS dalam kapitalisasi pasar untuk pertama kalinya.