Mengapa Keamanan Siber Penting bagi Digitalisasi Perekonomian?
Aplikasi Gojek harus memiliki keamanan siber mumpuni agar tidak mendapat pengalaman buruk. (foto: gojek)

Bagikan:

MEDAN - Ketika negara-negara di Asia dan Afrika terus melompat untuk menggunakan sistem komputerisasi dalam menjalankan ekonomi dan pemerintahan mereka, keamanan siber menjadi semakin penting

Coba bayangkan, jika aplikasi Gojek, Grab, Bukalapak, Tokopedia dan lain-lain diretas, bagaimana jalannya perekonomian Indonesia nanti? Bisa-bisa, akan banyak data hilang atau jual-beli dan perdagangan tak terselenggara dengan baik. Kerugian bisa mencapai triliunan rupiah hanya dalam sehari saja.

Sebagai Perlindungan sistem komputer dan jaringan dari pengungkapan informasi

Keamanan siber adalah perlindungan sistem komputer dan jaringan dari pengungkapan informasi, pencurian atau kerusakan pada perangkat keras, perangkat lunak, atau data elektronik mereka, serta dari gangguan atau penyesatan layanan yang mereka berikan.

Menurut Asosiasi Audit dan Kontrol Sistem Informasi (ISACA), sebuah asosiasi profesional internasional yang berfokus pada tata kelola IT, kerugian yang diakibatkan oleh kejahatan dunia maya global diperkirakan akan mencapai 6 triliun dolar AS pada akhir tahun ini.

Asia dan khususnya Afrika belum begitu terpengaruh oleh serangan siber skala besar seperti bagian lain dunia. Namun, benua ini tidak asing dengan masalah secara umum, karena insiden peretasan ke rekening bank individu dan institusi bukanlah hal baru di sini.

Langkah berkelanjutan menuju ekonomi berbasis komputer yang dicirikan oleh Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI), Afrika mungkin akan segera menjadi target kejahatan dunia maya yang lebih besar.

Israel, negara yang bisa dibilang memimpin dunia dalam keamanan siber adalah contoh yang bagus tentang bagaimana negara-negara Afrika harus sangat mementingkan keamanan siber jika mereka akan berhasil mengejar dan mencapai ekonomi dan pemerintahan yang digerakkan oleh komputer.

Antara lain, negara membentuk Direktorat Siber Nasional yang bertanggung jawab atas semua aspek pertahanan siber di ranah sipil, mulai dari merumuskan kebijakan dan membangun kekuatan teknologi hingga operasional pertahanan di dunia siber.

Ini menyediakan layanan penanganan insiden dan panduan untuk semua entitas sipil serta semua infrastruktur penting dalam ekonomi Israel, dan bekerja untuk meningkatkan ketahanan dunia maya sipil.

Menurut Yigal Unna, Direktur Jenderal Direktorat itu, mereka memiliki hotline bagi warga untuk menelepon dan melaporkan setiap insiden yang mungkin terlihat seperti ancaman dunia maya. Ini adalah beberapa hal yang menunjukkan perhatian besar Israel terhadap keamanan dunia maya, tetapi bukan itu saja.

Negara ini juga berinvestasi besar-besaran di sektor ini, menawarkan ratusan juta dolar kepada perusahaan rintisan teknologi siber setiap tahun, selain memberikan pendidikan yang kuat kepada generasi muda mengenai teknologi siber.

Dalam sebuah wawancara dengan media, Isaac Ben-Israel, seorang profesor di Universitas Tel Aviv, yang merupakan salah satu pelopor dalam industri cyber menyoroti pentingnya teknologi komputer dalam mendorong ekonomi, tetapi mencatat bahwa ada "sisi gelap" dari teknologi yang harus diperhatikan oleh pengguna.

“Teknologi yang dominan sejak pertengahan abad ke-20 hingga saat ini adalah teknologi komputer. Sekarang, jika Anda ingin menjadi ekonomi yang maju, Anda harus mendasarkan pada teknologi yang dominan. Namun, Anda harus ingat bahwa begitu Anda maju secara ekonomi, ada sisi gelapnya. Banyak masalah muncul, dan serangan siber adalah salah satunya,” katanya kepada The Newtimes.

Jadi perlu berinvestasi dalam mekanisme perlindungan yang memadai untuk semua infrastruktur yang menggunakan sistem komputerisasi, terus membangun kapasitas orang-orang yang akan memiliki pengetahuan dunia maya yang cukup untuk membela perusahaan, negara, dan sebagainya, selain menyadarkan masyarakat untuk berhati-hati. dan bertanggung jawab saat menggunakan sistem komputerisasi.

Selama Konferensi Cyber Week yang berlangsung minggu lalu di Israel, Perdana Menteri Naftali Bennett berbicara tentang peluncuran "Global Cybernet", sebuah jaringan untuk berbagi informasi tentang pertahanan cyber antar negara.

Jaringan tersebut saat ini terdiri dari sekitar 1.400 profesional siber di Israel, termasuk analis, peneliti, dan manajer keamanan informasi, dari berbagai organisasi di negara itu yang berbagi informasi tentang serangan atau kecurigaan mereka.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Keamanan Siber Sangat Penting Menopang Digitalisasi Perekonomian, Apa Alasannya?

Selain Keamanan Siber, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!