Bukan Layar Lipat, Apple Justru Mau Buat Ponsel Layar Ganda
Ilustrasi logo Apple (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak seperti para pesaingnya Samsung dan Huawei yang berlomba-lomba meramaikan pasar ponsel layar lipat. Apple justru dikabarkan sedang membuat ponsel dengan format layar ganda atau dual screen.

Mengutip Ubergizmo, Selasa 16 Juni, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat (AS) ini dikabarkan sedang mengerjakan prototipe dari model baru iPhone yang memiliki latar ganda. Hal ini pertama kali diketahui Jon Prosser, seorang tech enthusiast yang membagikan kabar tersebut lewat Twitter. 

Secara teknis, Apple memang sudah sejak lama mengerjakan ponsel yang dapat dilipat. Tapi tak dijelaskan apakah Apple akan mengadopsi desain ponsel layar lipat seperti kompetitornya Samsung dan Huawei atau gawai layar ganda seperti LG v50 serta Surface Duo besutan Microsoft.

Namun dijelaskan, Prosser, bahwa prototipe Apple ini memiliki desain frame stainless membulat seperti iPhone 11. Terdapat juga panel layar tanpa notch pada gawai Apple ini.

Di sisi lain, tentunya tak mengherankan bila Apple ingin mencoba pasar ponsel layar lipat seperti yang dilakukan kompetitornya. Terlebih Apple memang sempat mendaftarkan desain paten smartphone layar lipatnya ke US Patent and Trademark Office (USPTO), sejak 2019.

Dalam dokumen paten tersebut, Apple berhasil mengembangkan fitur engsel terbaru, sehingga dapat mengatasi masalah bekas kerutan atau cekungan (crease) yang muncul pada ponsel layar lipat.

Berdasarkan sketsa kasarnya, memperlihatkan Apple mengusung dua layar terpisah yang disatukan dalam satu mekanisme engsel. Desain ini tentu berbeda dengan produk layar lipat pada Samsung Galaxy Fold, Huawei Mate X atau Motorola Razr yang menggunakan satu layar fleksibel sehingga bisa dilipat.

"Apple selalu membuat kejutan yang jarang diketahui orang, sehingga Anda tidak pernah tahu apakah perusahaan akan meluncurkan ponsel lipat segera. Karena mereka selalu mengerjakan hal-hal di balik layar," ungkap Steve Wozniak salah satu pendiri Apple dalam wawancaranya kepada Bloomberg.

Lantas, kapan perusahaan asal Cupertino, AS, ini berani untuk memamerkan desain asli ponsel lipatnya? Sayangnya belum ada jawaban pasti. Kita tunggu saja perkembangannya.