Klub Sepak Bola Mulai Adopsi Kripto, Kali Ini PSV Eindhoven Dapat Suntikan Dana dalam Bitcoin
PSV dapat bayaran dalam bentuk Bitcoin (Cryptonews)

Bagikan:

JAKARTA – Akhir-akhir ini semakin banyak klub sepak bola yang mulai mengadopsi mata uang kripto. Klub sepak bola asal Belanda PSV Eindhoven dikabarkan mulai mengadopsi kripto. PSV telah menjalin kerja sama dengan bursa kripto lokal Anycoin Direct. Dari kesepakatan tersebut klub bakal menerima suntikan dana dalam bentuk Bitcoin (BTC).

Sebelum PSV, salah satu klub asal Inggris Wattford sudah menjalin kesepakatan bersama salah satu mata uang kripto meme paling populer Dogecoin. Sejumlah klub sepak bola Italia juga menerima sponsor dari industri kripto seperti Inter, SS Lazio dan klub lainnya.

Pihak Anycoin Direct bakal membayar PSV Eindhoven dengan sejumlah Bitcoin. Namun kedua belah pihak tidak menyebutkan jumlah suntikan dana dari bursa kripto lokal tersebut.

Klub hanya menyebutkan itu merupakan bagian dari kesepakatan sponsor baru. Anycoin Direct bakal menjadi mitra resmi PSV Eindhoven dalam dua musim yang akan datang. PSV menjadi salah satu klub sepak bola pertama di Eropa yang mendapat gelontoran dana dalam bentuk Bitcoin.

Melansir Cointelegraph, Frans Janssen selaku Direktur komersial PSV Eindhoven dilaporkan telah membuat wallet Bitcoin untuk menerima sponsor sebagai bagian dari kesepakatan yang sudah dijalin.

“Sebagai klub di jantung wilayah Brainport, kami selalu berinovasi, mata uang kripto sangat cocok dengan gambaran ini,” kata Janssen.

Pada April 2021 lalu, PSV Eindhoven mulai merambah pada pembuatan non-fungible token (NFT). Klub telah melelang momen Final Piala Eropa di tahun 1988 meskipun waktu itu PSV berhasil menaklukkan klub asal Portugal Benfica. Selain itu, NFT tersebut juga sudah mendapat tanda tangan resmi dari penjaga gawan PSV dalam pertandingan final tersebut yakni Hans van Breukelen.

Klub-klub sepak bola di Eropa mulai melirik mata uang kripto dan mereka juga terbuka pada sponsorship dari industri kripto. Beberapa waktu lalu dua klub asal Inggris Arsenal dan Manchester City menjalin kerja sama dengan Socios.com guna memnghadirkan fan token klub. Belakangan ini, Lionel Messi juga dikabarkan mendapat pembayaran dalam bentuk kripto fan token PSG.

Arsenal telah melucurkan fan token AFC, demikian pula dengan Manchester City dengan fan token CITY. Dengan adanya fan token tersebut klub bisa mendekatkan diri dengan para fansnya di seluruh dunia. Dalam hal ini, para fans juga bisa turut andil dalam setiap keputusan penting klub lewat jajak pendapat secara online. Selain itu, para penggemar juga bisa mengakses hadiah yang ditawarkan klub. Kedua token tersebut mendapat dukungan dari blockchain Chiliz Socios (CHZ).