Cara Mengirimkan Foto dan Video Lihat Sekali di WhatsApp
Cara mengirimkan foto atau video lihat sekali di WhatsApp (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah Anda mengirimkan foto atau video ke kontak WhatsApp, lalu ingin menghapusnya dari perangkat? Misal, foto kartu kredit, ghibah seseorang, hingga foto yang tidak semestinya dibagikan.

Keinginan itu tampaknya pernah dirasakan oleh hampir semua pengguna WhatsApp. Melalui pembaruan yang diluncurkan WhatsApp pekan lalu, perusahaan menambahkan fitur anyar yang disebut ‘Lihat Sekali’.

Lantas apa fungsi dari fitur ini? Serta, mengapa perusahaan mengesankan jika fitur ini bisa jadi solusi untuk meningkatkan privasi pengguna? Untuk mengetahui jawaban lebih lengkapnya, simak uraian yang sudah dirangkumkan tim VOI dari berbagai sumber berikut ini.

Berkenalan dengan Fitur Lihat Sekali di WhatsApp

Awal bulan Agustus ini, WhatsApp mengumumkan kehadiran fitur Lihat Sekali lewat blog resmi perusahaan. Dalam pengumuman tersebut, WhatsApp menyebutkan bahwa fitur ini bakal memberi pengguna lebih banyak kontrol atas privasi mereka.

Cara kerja fitur Lihat Sekali cukup sederhana. Setiap foto dan video yang dikirimkan hanya bisa dilihat sekali oleh penerima. Selanjutnya, file tersebut akan dihapus secara otomatis. Sehingga, pengguna pun tidak bisa melihatnya lagi.

Cara Mengirimkan Foto dan Video Lihat Sekali lewat Aplikasi WhatsApp

Perlu dicatat, fitur ini hanya tersedia pada versi aplikasi terbaru saja. Jadi, untuk Anda yang ingin menggunakannya, wajib memperbarui versi aplikasi terlebih dulu lewat Play Store. Begitu aplikasi WhatsApp sudah diperbarui, yang Anda butuhkan hanyalah melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Buka halaman chat dengan seseorang yang ingin Anda kirimi foto atau video

2. Ketuk ikon Kamera, lalu pilih media yang ingin dikirimkan, mirip seperti saat Anda ingin mengirimkan foto atau video ke kontak lain

3. Selanjutnya, Anda akan melihat ikon baru berbentuk lingkaran dengan angka 1 di dalamnya. Ikon ini terletak di dekat tombol Kirim. Ini adalah ikon dari fitur Lihat Sekali.

4. Nah, untuk mengirimkan foto yang hanya bisa dilihat sekali, klik ikon tersebut. Terakhir, ketuk ikon Kirim agar pesan tersebut dikirimkan.

Memang, kini sudah tersedia beberapa versi WhatsApp. Antara lain versi website hingga software desktop. Namun, untuk cara mengirimkan file ‘Lihat Sekali’, caranya tak terlalu jauh berbeda. Sehingga, Anda bisa mengulang cara di atas pada beberapa platform.