Harga Kripto Solana (SOL) Tembus ATH Baru, Langsung Geser Dogecoin (DOGE) dari Posisi 7 <i>Cryptocurrency</i>
Harga kripto Solana naik dan berhasil gulingkan Dogecoin dari posisi 7 (Bitcoin News)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah booming-nya NFT, Aset kripto Solana (SOL) berhasil mencatatkan harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) pada Sabtu kemarin. Bahkan, Solana telah mengambil alih Dogecoin dari posisi ketujuh berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

Berdasarkan data dari CoinMarketCap, Solana mengalami kenaikan sebesar 70,86 persen dalam satu pekan terakhir. Kapitalisasi pasar Solana juga turut naik dan melampaui Dogecoin. Kapitalisasi pasar SOL menyentuh Rp586 triliun, sedangkan DOGE berada di kisaran Rp561 triliun.

DOGE terpaksa harus turun ke posisi 8 kripto setelah digusur SOL kemarin. Saat berita ini ditulis, SOL diperdagangkan di harga Rp2.029.222. Turun 5 persen dari ATH-nya yang berada di level Rp2.136.424 pada tanggal 4 September kemarin. Padahal di tanggal 6 Agustus lalu, harga SOL masih berkutat di harga Rp534.777. SOL meroket 300 persen dalam satu bulan terakhir.

Kenaikan harga tersebut terjadi tanpa diduga sebelumnya. Meski demikian, faktor kenaikan tersebut disebabkan oleh kebangkitan seni digital NFT yang kian marak digandrungi banyak orang akhir-akhir ini.

Sejumlah tokoh kenamaan dan juga selebritas papan atas mulai terjun ke metaverse NFT. Semesta non-fungible token pun mengalami kenaikan signifikan. NonRarible.com mengungkapkan volume penjualan NFT bulanan telah anjlok ketika market crash pada Mei lalu. Namun, dengan masuknya tokoh-tokoh penting ke semesta NFT baru-baru ini, penjualannya pun meroket hampir 1000% sejak Juli lalu.

Ketika Solana merilis proyek NFT Degenerate Ape Academy beberapa waktu lalu, telah berhasil menarik sejumlah proyek NFT dari token lain untuk membangunnya di atas blockchain Solana. Tercatat saat ini tedapat 36 proyek unik beberapa di antaranya adalah Solarian, Solania, Sollamas, dan Solana Monkey Business.

“Popularitas Solana… telah menunjukkan aksi harga yang belum pernah terjadi sebelumnya di belakang pertumbuhan mindshare yang kuat, serangkaian peluncuran aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan, yang terbaru, hiruk-pikuk seputar peluncuran kartu Kaiju NFT mereka,” ungkap salah satu founder perusahaan perdagangan blockchain Kenetic Capital.

Kini Solana telah memiliki pertumbuhan ekosistem yang cepat, skalabilitas dan transaksinya juga terbilang murah dibandingkan dengan Ether. Meski telah menggeser DOGE dan harga SOL telah meroket demikian tinggi, tampaknya perlu diperhatikan juga apakah reli harga kripto Solana masih bisa dipertahankan atau tidak dalam waktu dekat.