Snapchat Hadirkan Fitur Lensa Pelajari Bahasa Isyarat
Ide Snapchat adalah cara yang fantastis untuk lebih banyak orang terjun ke dunia Bahasa Isyarat Amerika. (foto: snapchat)

Bagikan:

JAKARTA - Snapchat ingin mendorong penggunanya untuk menggunakan bahasa isyarat di aplikasinya. Perusahaan baru saja meluncurkan fitur lensa khusus yang mengajarkan pengguna cara mengeja jari dalam Bahasa Isyarat Amerika (ASL)

Perusahaan menjelaskan bahwa mereka menciptakan lensa yang memanfaatkan Augmented Reality (AR) dalam kemitraan dengan SignAll, sebuah startup yang didedikasikan untuk menciptakan teknologi bagi para penyandang tunarungu.

Setelah meluncurkan aplikasi seluler Ace ASL sendiri untuk Android dan iOS pada awal 2021, perusahaan bermitra dengan Snap pada bulan September untuk menghidupkan lensa ASL ini.

"Lensa AR ini akan menginspirasi Snapchatter untuk mengeja nama mereka dengan jari, serta kata-kata umum lainnya seperti cinta, pelukan, dan senyum," ungkap Snapchat dalam keterangan resminya dikutip dari Screenrant, Selasa, 22 September.

Terdapat tiga fitur lensa ASL untuk dipilih pengguna dan semuanya dapat diakses dengan memindai kode di dalam aplikasi Snapchat. Lensa ASL pertama mengajarkan pengguna cara mengeja kata sehari-hari seperti cinta, senyum, pelukan, dan lainnya.

Lensa kedua mengambil nama pengguna Snapchat seseorang dan mengajari mereka cara mengejanya. Terakhir, lensa ketiga memandu orang melalui jari untuk mengeja alphabet. Pengguna dapat merekam video dan membaginya dengan teman.

Lensa, yang dikembangkan dengan bantuan karyawan tunarungu milik Snap ini juga bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang lebih inklusif dan ideal, membuat lebih banyak pembuat konten mempertimbangkan pengguna tunarungu saat mereka membuat konten mereka.

Bahkan, ide Snapchat ini merupakan cara yang fantastis untuk lebih banyak orang terjun ke dunia Bahasa Isyarat Amerika. Tentu saja alat ini berguna untuk seseorang yang memiliki anggota keluarga tunarungu, atau ingin lebih mengenal bahasa tersebut, memiliki pemahaman dasar tentang ASL adalah alat yang hebat bagi siapa saja.

Cara menggunakannya pun cukup mudah selain memindai barcode, Anda tinggal membuka aplikasi, ketuk ikon pencarian di pojok kiri atas, dan cari fingerspell. Selamat mencoba!