Facebook Bawa Reels Instagram ke Platformnya di AS, Indonesia Kapan?
Pengguna Facebook di AS dapat membuat dan melihat Reels dengan perangkat iOS atau Android. (foto: facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook akhirnya membawa Reels ke platformnya, yang awalnya diluncurkan di Instagram tahun lalu. Kini pengguna Facebook di Amerika Serikat (AS) dapat membuat dan melihat Reels dengan perangkat iOS atau Android.

"Hari ini kami meluncurkan Reels di Facebook untuk iOS dan Android di AS. Kami menghadirkan pengalaman video yang menghibur dan bentuk singkat, serta alat yang telah menginspirasi pembuat konten di Instagram kepada lebih banyak pembuat dan pemirsa di aplikasi Facebook," ungkap Facebook dalam keterangan resminya, Kamis, 30 September.

Sebelumnya, Facebook telah menguji Reels di Mexico, India, Canada, dan AS bulan lalu. Sekarang pengguna dapat melihat Reels di News Feeds dan Grup di platform media sosial. Facebook juga mengatakan pengguna dapat mengikuti pembuat Reels langsung dari video. Opsi berbagi dan memberikan reaksi juga akan tersedia.

Lebih lanjut, medsos milik Mark Zuckerberg itu juga meluncurkan program khusus undangan Reels Play, yang akan membayar konten kreator berdasarkan kinerja Reels di Instagram dan Facebook mereka.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif Facebook senilai 1 miliar dolar AS untuk konten kreator, pengguna yang tertarik dapat mendaftar untuk program bonus Reels Summer Instagram. Program itu akan berkembang secara global dari waktu ke waktu.

Tak hanya itu, Facebook turut menguji kemampuan untuk berbagi Reels antara Instagram dan Facebook, dan akan menguji berbagai iklan selama dan di antara video Reels.

Meski Reels belum meluncur ke Facebook Indonesia, tidak menutup kemungkinan beberapa waktu lagi perusahaan akan melakukan hal itu, karena Indonesia juga merupakan pasar terbesar Facebook, yang memiliki 140 juta pengguna pada 2020.

Sebagai informasi, Reels hadir dengan mengadopsi teknologi yang dimiliki TikTok, tentu saja keduanya sangat mirip. Reels dan TikTok sama-sama memiliki alat untuk mengedit video dengan mudah menggunakan audio sendiri atau klip lagu populer dari perpustakaan, dan menyematkan sebuah filter AR.