Nilai Naira Tak Menentu, Pekerja Seni Nigeria Pilih Jual Karya dengan Mata Uang Kripto
Ebuka Joseph menganggap mata uang kripto lebih simple. (foto; twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Dealer seni Nigeria Ebuka Joseph mulai menggunakan cryptocurrency tahun lalu ketika bisnis terhenti karena COVID-19. Sekarang dia ketagihan meskipun otoritas keuangan tidak setuju.

"Crypto hanya memungkinkan saya untuk bertransaksi secara bebas dan dalam beberapa menit kami selesai dengan transaksi kami," kata pria berusia 28 tahun itu kepada Reuters dari studio seorang teman di Lagos di mana ia menampilkan karya-karyanya.

Bank Sentral Nigeria melarang bank lokal bekerja dengan cryptocurrency pada bulan Februari, memperingatkan "sanksi peraturan yang berat" dan membekukan akun perusahaan yang katanya menggunakannya. Tetapi selera Joseph untuk crypto, seperti banyak orang di Nigeria, terus meningkat.

Bagi orang-orang seperti dia, tindakan keras telah menyoroti manfaat menggunakan mata uang di luar kendali bank sentral, dan Nigeria tetap menjadi pasar terbesar untuk platform perdagangan mata uang kripto seperti Paxful.

Menurut para ahli seperti dikutip Reuters, masyarakat di Nigeria beralih ke crypto untuk bisnis, untuk melindungi tabungan mereka karena naira kehilangan nilainya, dan untuk mengirim pembayaran ke luar negeri karena seringkali sulit untuk mendapatkan dolar AS,  .

Pada bulan Maret, tepat setelah larangan bank sentral, volume dolar cryptocurrency yang dikirim dari Nigeria naik menjadi 132 juta dolar AS,  atau naik 17% dari bulan sebelumnya, kata perusahaan riset Chainalysis. Transaksi di bulan Juni adalah 25% di atas bulan yang sama tahun lalu.

Sly Megida, seniman lain yang menggunakan kripto untuk menjual karyanya, mengatakan pembelinya di seluruh dunia siap menerima penggunaan mata uang digital dan mereka juga melindungi keuangannya.

"Naira menyimpang dan kami berusaha untuk menjaga nilai seni," katanya, menyebut crypto "mata uang di mana orang tidak berpikir bahwa saya membayar terlalu banyak atau terlalu sedikit".

Platform peer-to-peer Paxful yang digunakan Joseph mengalami kenaikan 57% dalam volume perdagangan di Nigeria pada tahun ini hingga Juni, sementara jumlah pengguna melonjak 83%.

Exchange Yellowcard, yang telah mengadopsi model peer-to-peer di Nigeria sejak Februari, mengatakan kepada Reuters bahwa penggunaan " benar-benar terus meroket".

Baik Paxful, yang telah membuka kantor di Abuja untuk melobi pemerintah agar mengubah sikapnya terhadap kripto, dan Yellowcard mengatakan orang Nigeria umumnya beralih ke kripto untuk bisnis daripada spekulasi.

Chainalysis, dalam sebuah laporan bulan lalu tentang crypto Afrika, mengatakan larangan bank sentral mengunci sebagian besar orang Nigeria dari pertukaran crypto tradisional, sehingga banyak yang beralih ke sistem peer-to-peer.

Ini dilakukan melalui platform seperti Paxful atau Bitcoin Lokal, yang memeriksa kedua belah pihak. Tetapi pengguna lain hanya menukar crypto dengan naira Nigeria atau mata uang lainnya dengan orang yang mereka temukan di WhatsApp atau Telegram.

Akibatnya, Chainalysis mengatakan penggunaan crypto Nigeria kemungkinan bahkan lebih tinggi dari yang disarankan angkanya.

Namun, risiko tetap ada. Pada bulan Agustus, bank sentral membekukan akun beberapa pengguna crypto karena diduga mendapatkan dana dari dealer valuta asing ilegal, membuat banyak perusahaan yang menggunakan cryptocurrency enggan membicarakannya.

Namun, Joseph tidak terpengaruh. "Anda dapat menjual kepada orang-orang di luar negeri, dan mereka benar-benar dapat membayar dalam mata uang yang berbeda, yang selalu dapat Anda konversi," kata Joseph.