Hati-hati! Aplikasi Squid Game Berisi Malware Berkeliaran di Play Store
Squid Game

Bagikan:

JAKARTA - Antusiasme serial Squid Game hingga kini masih memuncak dan belum mereda. Ternyata momen ini pun dimanfaatkan penjahat siber untuk mengelabuhi penggemar drama tersebut.

Penjahat dunia maya dilaporkan berhasil mendapatkan malware yang menyamar sebagai aplikasi wallpaper ponsel Squid Game di Google Play Store. Aplikasi tersebut ditemukan oleh peneliti keamanan Android @ReBensk di Twitter.

Aplikasi berbahaya, Squid Game Wallpaper 4K HD, telah diunduh setidaknya 5.000 kali sebelum ditemukan oleh Google dan kemudian perusahaan memblokirnya di Play Store. Aplikasi tersebut mengklaim didedikasikan untuk para penggemar serial TV Squid Game.

Kemudian, @ReBensk memperingatkan masyarakat agar tidak mengunduh aplikasi yang terkait dengan serial Squid Game. Menurutnya, masih banyak aplikasi Android berbahaya yang terkait dengan Squid Game berkeliaran.

Mengutip Times of India, Sabtu, 23 Oktober, peringatan @ReBensk selanjutnya dianalisis oleh peneliti keamanan Android ESET Lukas Stefanko. Stefanko menyebut aplikasi ini sebagai Android Joker bertema Squid Game. Bagi mereka yang tidak sadar, Joker adalah salah satu malware Android yang paling gigih. Ini pertama kali ditemukan pada 2017.

Stefanko juga menemukan, sudah ada 200 aplikasi terkait Squid Game beredar di toko aplikasi Play Store. Selain itu, saat ini juga belum ada aplikasi serial tersebut yang secara resmi.

Euforia itu menjadi celah bagi para peretas untuk mendapatkan uang melalui iklan di dalam aplikasi Squid Game. Stefanko menegaskan, pencipta malware sering menunggangi popularitas sebuah fenomena viral untuk menyebarkan malware dan mencuri data.

"Sepertinya peluang besar untuk menghasilkan uang dari iklan dalam aplikasi dari salah satu acara TV paling populer tanpa game resmi. Menjalankan aplikasi ini di perangkat dapat mengakibatkan penipuan iklan berbahaya dan/atau tindakan berlangganan SMS yang tidak diinginkan," ujar Stefanko.