Ini Tiga VPN yang  Dapat Diandalkan untuk Chromebook
VPN bisa mengamankan data pribadi saat berselancar di internet. (foto; dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Chromebook adalah opsi yang sangat baik jika Anda ingin meningkatkan keamanan Anda. Google Chrome OS adalah salah satu sistem operasi paling aman yang tersedia, dan jarang mengalami masalah dengan virus atau malware. Namun browser ini tidak sempurna, karena aplikasi berbahaya masih dapat menyelinap ke Google Play store. Akan tetapi sebagian besar, Chrome OS melakukan pekerjaan yang baik untuk menjaga Anda tetap aman.

Salah satu cara Anda dapat meningkatkan keamanan dan privasi Anda lebih jauh adalah dengan jaringan pribadi virtual (VPN/virtual private network). Tetapi dengan begitu banyak penyedia VPN, maka VPN mana yang terbaik untuk Chromebook?

Jika Chromebook sudah memiliki perlindungan bawaan yang baik, apakah layak menggunakan VPN?

Secara keseluruhan, ya, menggunakan VPN memang disertai dengan beberapa aplikasi keamanan dan privasi, bersama dengan kemampuan untuk mengakses pembatasan geografis atau bahkan pembatasan rok di jaringan lokal Anda.

VPN Ekstensi Browser Chrome vs. VPN Android Google Play

Sementara dalam menghadapi masalah VPN selalu melakukan peran yang sama, di mana VPN dipasang berarti cara kerjanya akan berbeda. Singkatnya, pengguna Chromebook memiliki dua opsi terkait VPN: memasang ekstensi browser Chrome atau memasang VPN Android melalui Google Play.

Ini penting karena dua alasan:

  1. VPN yang dipasang di Chrome hanya akan melindungi data yang dikirim dan diterima dalam browser Anda.
  2. VPN yang dipasang sebagai aplikasi Android dari Google Play akan melindungi semua data masuk dan keluar Anda.

Perbedaan dalam nama memang kecil, tetapi perbedaan dalam perlindungan sangat besar. Jika memungkinkan, memasang Chromebook VPN sebagai aplikasi di sistem adalah opsi privasi dan keamanan yang lebih baik. Tetapi untuk beberapa Chromebook, itu bukan pilihan.

Ini tiga opsi VPN Chromebook terbaik, yang masing-masing menawarkan kedua opsi pemasangan.

  1. NordVPN

Rekam jejak NordVPN yang berkelanjutan sebagai salah satu VPN tanpa log terbaik menjadikannya pilihan yang mudah bagi pengguna Chromebook dan pengguna Windows, macOS, dan Linux.

Selain itu, karena NordVPN menawarkan ekstensi Android dan Chrome, semua pengguna Chromebook dapat menggunakan layanan ini untuk melindungi data mereka (karena beberapa model Chromebook lama tidak mendukung aplikasi Android).

NordVPN menawarkan kepada pengguna Chromebook pilihan lebih dari 5.000 server yang tersebar di 60 negara, tanpa batasan untuk mengunduh, mengunggah, atau streaming. Selanjutnya, dengan kebijakan larangan masuk NordVPN, Anda dapat yakin bahwa data Anda akan tetap pribadi, bahkan jika pihak berwenang datang mengetuk NordVPN HQ. Langganan NordVPN berharga 11,95 dolar AS per bulan atau 119 dolar AS per tahun

  1. CyberGhost

Selanjutnya untuk masuk pertimbangan Anda adalah CyberGhost, perangkat VPN lain dengan reputasi luar biasa dan aplikasi untuk Chromebook Anda. Seperti NordVPN, pengguna CyberGhost memiliki opsi untuk mengunduh aplikasi CyberGhost Android untuk digunakan di Chromebook itu sendiri atau mengunduh ekstensi peramban Chrome sebagai alternatif.

Salah satu opsi memberikan keamanan yang memadai, tetapi aplikasi Android hanya tersedia untuk perangkat keras Chromebook yang kompatibel (yaitu, Chromebook Anda harus mendukung Google Play).

 Anda akan menemukan aplikasi CyberGhost mudah digunakan, dan menawarkan berbagai server VPN untuk terhubung untuk mengamankan data Anda. Pada saat penulisan, CyberGhost mengoperasikan lebih dari 6.000 server di lebih dari 88 negara, menawarkan akses VPN yang hampir tak tertandingi untuk pengguna Chromebook.

Langganan Chromebook CyberGhost akan mengembalikan Anda 12,99 dolar AS per bulan. Namun, itu untuk layanan VPN tanpa log dan tanpa batasan dengan jumlah server yang hampir tak terduga, yang juga turun jika Anda memilih langganan tahunan.

  1. Surfshark

Mendarat di tempat terakhir di daftar VPN Chromebook kami adalah Surfshark, layanan VPN tanpa durasi yang luar biasa lainnya dengan aplikasi untuk Google Play dan browser Chrome Anda.

Meskipun Surfshark mungkin memiliki server yang lebih sedikit daripada pesaingnya, hadir dalam 3.200 server di 65 negara, Anda masih akan menemukan keseluruhan layanan dan kualitas koneksi yang sangat baik.

Selanjutnya, Surfshark terus mengevaluasi di mana servernya berada dan bagaimana meningkatkan penawaran VPN untuk penggunanya, sehingga Anda dapat menemukan lokasi yang lebih cocok untuk Anda tambahkan ke layanan.

Seperti CyberGhost dan NordVPN, Surfshark adalah layanan VPN tanpa pencatatan pihak ketiga yang diaudit. Ini berarti bahwa alih-alih hanya memberi tahu semua orang bahwa perusahaan tidak menyimpan log aktivitas Anda saat terhubung ke VPN, itu mengundang tim independen untuk mengonfirmasi—yang mereka lakukan. Jadi, Anda dapat yakin bahwa Surfshark akan melindungi koneksi internet Chromebook Anda. Langganan Surfshark datang dengan harga 12,95 dolar AS per bulan.