Pameran UMKM se Sumatera, Kuliner jadi Primadona
Petugas di stan Pemkot Solok sedang menawarkan ke pengunjung di Lapangan Benteng, Medan, Kamis (30/6/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

分享:

MEDAN - Berbagai kuliner dan produk kerajinan mendominasi di pameran pelaku UMKM dalam pelaksanaan raker Komwil I Apeksi pada 29 Juni - 1 Juli 2022 di Lapangan Benteng, Medan, Sumatera Utara Jumat (1/7).

Misalnya di stan UMKM Kota Subulussalam, Aceh, menyediakan kuliner siap saji berbahan dasar jagung, seperti bolu jagung, kripik jagung, dan stik jagung.

Aceh menang terturut-turut dalam pameran

"Tahun ini bahan bakunya jagung, tahun lalu talas dan pada 2020 kita sajikan dengan bahan baku ubi," ujar Kepala Bidang Perindustrian Disperindagkop Kota Subulussalam, Feby Dorani.

Produk yang mereka pasarkan raker Komwil I Apeksi ini, lanjut dia, dikelola sendiri oleh pelaku UMKM milik masyarakat di daerah pesisir pantai barat Aceh.

Stan Pemerintah Kota Subussalam, Aceh ini juga kerap memenangkan ajang pameran pelaku UMKM, terutama di tingkat Provinsi Aceh.

"Tiga tahun berturut-turut kami selalu menang di setiap ajang di tingkat kota di Aceh. UMKM Subulussalam selalu meraih juara untuk produk kuliner," ungkapnya.

Feby juga mengaku sejak pertama acara dibuka, produk UMKM yang mereka tawarkan sudah banyak dibeli oleh pengunjung di Lapangan Benteng Medan ini.

Sedangkan di stan UMKM Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat, lebih memprioritaskan makanan pokok, seperti beras asal daerahnya dan rendang original.

"Untuk makanan kami pilih mempromosikan beras asli Solok, daging rendang dan bumbu yang dikemas. Ada juga kripik singkong dan kripik kentang," ujar staf di stan Pemkot Solok, Rizal.

"Selain itu kami juga pajangkan kerajinan tangan, seperti songket batik buatan tangan, dan tenunan asli UMKM Kota Solok," terang dia.

Selain Pameran UMKM se Sumatera, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!