Cara Menjaga Kabel Charger agar Tetap Awet, Ingat yang Ori Mahal Lo
Supaya Awet dan Tidak Gampang Rusak, Rawat Kabel Charger Ponsel Anda Menggunakan Tips Ini (foto: Pixabay)

分享:

MEDAN - Salah satu komponen vital ponsel adalah kabel charger. Pasalnya, hanya dengan kabel tersebut pengguna dapat mengisi daya ponsel supaya bisa digunakan setiap saat.

Akan tetapi, tidak jarang pemilik ponsel yang mengabaikan kabel charger dan meletakannya secara sembarangan. Padahal, kabel charger merupakan komponen yang terdiri dari serat tembaga tipis yang mudah rusak apabila Anda tidak menggunakannya dengan hati-hati.

Terdapat beberapa faktor yang membuat kabel charger mudah rusak adalah kebiasaan menggulung kabel secara sembarangan, sehingga komponen di dalamnya tertekan atau tertarik dan membuat kabel charger putus.

Trik Menjaga Kabel Charger agar Tetap Awet

Sebagian besar ponsel memang memiliki kabel universal yang mudah didapatkan di toko elektronik terdekat. Namun, jenis ponsel tertentu, mencari kabel charger bukanlah perkara yang mudah.

Oleh karena itu, pengguna diharapkan dapat merawat kabel charger ponsel dengan baik. Berikut ini tim VOI telah merangkum tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat kabel charger.

Tarik Kabel Charger secara Perlahan Setelah Digunakan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan setelah memakai kabel charger adalah cara menariknya dari ponsel setelah melakukan pengisian daya. Anda sebaiknya tidak menariknya secara langsung lewat gulungan kabelnya. Sebaiknya tarik kabel charger melalui ujung yang menghubungkannya dengan ponsel.

Menarik kabel charger dengan cara tersebut akan membuat kabel charger Adda lebih awet. Cara ini pun bisa Anda terapkan kepada semua jenis kabel supaya lebih awet.

Gulung Kabel Charger dengan Lembut

Setelah mencabut kabel charger, pengguna biasanya menggulungnya supaya rapi. Namun, pengguna sering melakukannya dengan sembarangan. Padahal, menggulung kabel secara sembarangan akan membuat kabel mudah tertekan dan rentan rusak.

Oleh karena itu, pengguna dapat menggulung kabel charger dengan longgar sebanyak tiga sampai empat kali gulungan dan menyelipkan ujung kabel dengan rapi di antara gulungan tersebut.

Cara ini membuat Anda lebih mudah untuk menyimpan kabel charger pada saku kecil di ransel atau tempat khusus kabel charger agar tetap aman dan tahan lama.

Hindari Menekuk Kabel Charger saat Digunakan

Saat Anda melakukan pengisian daya, pengguna sebaiknya juga memperhatikan ruang dan kendur kabel saat mencolokkannya. Usahakan Anda tidak melakukan pengisian daya pada tempat yang membuat kabel bisa terjepit.

Pasalnya, hal itu dapat menyebabkan kabel charger Anda tertekuk dan membuat kabel menjadi tegang dan tertekan. Hal tersebut dapat membuat kabel charger akan mudah putus dan rusak.

Demikian adalah sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat kabel charger ponsel, atau perangkat lain supaya kabel charger Anda lebih awet dan tidak gampang rusak.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Supaya Awet dan Tidak Gampang Rusak, Rawat Kabel Charger Ponsel Anda Menggunakan Tips Ini

Selain Cara Menjaga Kabel Charger agar Tetap Awet, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!