Mengejutkan, Total Penderita HIV/AIDS di Sumut 13.150 Orang
Ilustrasi HIV/AIDS (ANTARA/HO-Kemenkes.go.id)

Bagikan:

MEDAN - Sebanyak 13.150 jiwa menderita HIV/AIDS di Provinsi Sumatera Utara. Total tersebut dengan rincian 9.497 pria dan 3.069 wanita.

Diketahui usia rentan terbanyak berasal dari umur 19-49 tahun dengan total 11.627 orang atau 92 persen dari total penderita keseluruhan di Sumut.

"Sumut berada pada posisi lima dengan penderita HIV/AIDS terbanyak di Indonesia," ujar Ketua Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Sumut Ikrimah Hamidy di Medan, dilansir dari Antara, Kamis 2 Desember.

Laki-Laki Mendominasi Penderita HIV/AIDS di Sumut

Menurut dia, berdasarkan data yang ada laki-laki yang banyak menderita HIV/AIDS adalah pria yang memiliki uang dan mobilitas tinggi.

"HIV/AIDS perlu penanganan khusus, maka perlu diatur secara khusus dalam payung hukum," ucapnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan pihaknya segera menetapkan rencana aksi daerah (RAD) pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Sumut. Sehingga daerah memiliki acuan kegiatan teknis dalam penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS di Sumut.

Mantan Pangkostrad itu mengaku penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS memerlukan langkah yang konkret dan terukur. “Ini kita perlu konkret, kita anggarkan ini,” katanya.

Untuk itu, dalam waktu dekat Gubernur segera mengumpulkan setiap pihak untuk memberi masukan dan saran mengenai penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS di Sumut. Menurutnya, langkah tersebut sangat dibutuhkan agar percepatan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dapat tercapai.

Selain itu, ia mengharapkan pihak terkait agar mengedukasi masyarakat, jangan mengucilkan penderita atau Orang dengan HIV/AIDS (ODHA). "Berikan edukasi tentang AIDS ini, jangan kucilkan yang kena ini,” ucapnya.

Selain Total Penderita HIV/AIDS di Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!