Virus COVID-19 Varian Omicron Menghantui, Google Perpanjang Work From Home
Kantor Google sementara masih belum izinkan karyawannya kembali bekrja. (foto: pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Lantaran virus COVID-19 varian omicron menyerang, Google mengeluarkan kebijakan dengan menunda rencana kembali ke kantor untuk karyawannya pada Januari tahun depan.

Perlu diketahui, pada Kamis, 2 Desember, VP keamanan global Google, Chris Rackow, memberi tahu pekerja melalui email bahwa perusahaan tidak lagi mengharuskan mereka untuk kembali ke kantor pada 10 Januari.

Selain itu, Chris juga menyatakan bahwa perusahaan akan menunggu hingga 2022 untuk menentukan kapan kantor mereka di AS dapat kembali dengan aman. menjadi 'lingkungan kerja jangka panjang yang stabil.'

COVID-19 Varian Omicron, 4 Kali Google Tunda WFO

Ini merupakan penundaan kembali ke kantor yang keempat bagi perusahaan tersebut seperti dilaporkan Dailymail.com.

Pada Agustus lalu, CEO Google, Sundar Pichai mengumumkan bahwa mulai Januari perusahaan akan membiarkan negara dan lokasi menentukan kapan harus mengakhiri kebijakan kerja dari rumah secara sukarela 'berdasarkan kondisi lokal, yang sangat bervariasi di seluruh kantor kami,' dan menjanjikan 30 hari kepala sebelum pekerja diharapkan kembali ke kantor.

CNBC juga melaporkan bahwa dalam email terbarunya kepada perusahaan, Rackow mengatakan bahwa perusahaan telah membuka 90 persen kantornya di AS, di mana hampir 40 persen karyawan telah masuk, CNBC.com melaporkan.

Google, yang berkantor pusat di Mountain View, California, memiliki lebih dari 130.000 karyawan di seluruh dunia.

Sementara Rackow tidak menyebutkan varian Omicron sebagai alasan penundaan, varian COVID-19 baru ini telah menyebabkan tindakan pencegahan ekstra setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendaftarkannya sebagai 'varian yang menjadi perhatian' ketika para ilmuwan berusaha untuk menentukan bagaimana hal itu dapat dibandingkan dengan varian Delta, dalam hal penularan dan tingkat keparahan.

Pakar kesehatan masyarakat masih menilai risiko Omicron, yang memiliki beberapa mutasi yang mengganggu yang menunjukkan bahwa varian dapat menyebar dengan cepat dan berpotensi menghindari kekebalan dari vaksin atau infeksi sebelumnya.

Varian Omicron ditemukan oleh pejabat kesehatan Afrika Selatan beberapa pekan lalu, dan meskipun belum banyak yang diketahui tentangnya, baru-baru ini ditemukan varian 2,4 kali lebih menular daripada varian sebelumnya.

Karena jumlah mutasinya yang tinggi, ia juga diyakini bisa menghindari vaksin, meskipun sebagian besar kasusnya sangat ringan.

Sementara itu, bank-bank Wall Street belum menyesuaikan rencana mereka kembali bekerja untuk kantor mereka di AS karena Omicron, tetapi mengatakan mereka sedang memantau situasinya, menurut laporan Reuters.

Profesor Universitas Negeri San Jose Ahmed Banafa mengatakan kepada ABC7 News bahwa Omicron akan mengarahkan perusahaan lain untuk menyesuaikan tujuan kembali ke kantor mereka.

"Ini akan menyebar ke Anda, sebagian besar perusahaan tahu," kata Banafa. “Masalahnya adalah kita berurusan dengan yang tidak diketahui. Kami tidak tahu apa yang akan menjadi varian berikutnya.”

Netflix menyatakan bawah mereka tidak akan mengadakan pesta liburan perusahaan tetapi raksasa streaming itu tidak mengadakan acara di seluruh perusahaan bahkan sebelum COVID menyebar.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Gara-gara Omicron, Google Perpanjang Work From Home untuk Seluruh Karyawan

Selain COVID-19 Varian Omicron, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!