Banjir di Kabupaten Mandailing Natal, Gubernur Naik Helikopter TInjau Lokasi
Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution bersama unsur Forum saat meninjau banjir di wilayahnya. ((ANTARA/HO))

Bagikan:

MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin meninjau lokasi banjir di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Ketiganya menuju lokasi dengan menaiki helikopter.

"Ini baru mau dilihat ke Madina, kami mau berangkat saya pak kapolda.dan pak pangdam berangkat ke sana," kata Edy di Medan, Senin (20/12).

Mantan Pangkostrad itu pergi ke Madina usai memimpin rapat tentang penanganan COVID-19 di Rumah Dinas Jalan Gubernur Jalan Sudirman Medan.

Edy Rahmayadi tinjau Banjir di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara

Diakui Edy banjir yang menerjang Madina membuat akses jalan di dua kecamatan sampai terputus. "Ada beberapa desa yang terputus, ada dua kecamatan tapi tidak full terputus," ungkapnya.

Pemerintah, kata dia, sudah berkewajiban mengirimkan bantuan kepada warganya yang terkena musibah atau bencana.

"Bantuan sudah kewajiban memberikan kepada rakyatnya, pastinya sembako gak mungkin kulkas kita kirim ke sana," tuturnya.

Sebelumnya Bupati Madina HM Jakfar Sukhairi Nasution telah menetapkan status darurat bencana banjir dan longsor di Madina mulai 18 hingga 31 Desember 2021.

Status yang berlangsung selama 14 hari ini ditetapkan dalam surat keputusan Bupati Madina Nomor 360/0947/K/2021. Dalam surat yang tertanggal 18 Desember 2021 itu disebutkan, status darurat ini diputuskan dengan mempertimbangkan akibat curah hujan yang sangat tinggi mengakibatkan banjir, longsor sehingga mengganggu kehidupan dan kondisi penghidupan sosial ekonomi masyarakat.

Selain itu, akibat kondisi ini juga disebutkan telah menimbulkan kerusakan infrastruktur dan fasilitas umum di Kabupaten Madina.

Selain itu, bupati juga telah menerbitkan surat Keputusan nomor 360/0948/K/2021 tentang Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Mandailing Natal yang diketuai Sekretaris Daerah Gozali.

Posko ini nantinya akan bertugas diantaranya untuk melakukan kajian pemenuhan kebutuhan penanganan darurat bencana, koordinasi dan operasi penanganan dadurat bencana dan pengendalian pelaksanaan penanganan darurat bencana.

Selain Banjir di Kabupaten Mandailing Natal, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!