Tips Make Up Wanita Usia 50 Tahun ke Atas Agar Terlihat Tetap Cantik dan Muda
Ilustrasi cara perawatan wajah usia 50 tahun ke atas (Freepik/Wayhomestudio)

Bagikan:

MEDAN - Usia tentu memengaruhi kondisi fisik manusia, termasuk kondisi kulit wajah. Semakin usia bertambah, kulit membutuhkan perawatan lebih. Bahkan cara memakai makeup pun juga perlu disesuaikan.

Merias wajah memang lebih disukai untuk tampilan sederhana tetapi manis. Tips paling tepat, dilansir Well and Good, Rabu, 19 Januari, untuk merawat dan merias wajah bisa menghasilkan efek maksimal seperti kulit tampak sehat dan bercahaya.

Beberapa trik makeup terbaik Wanita Usia 50 Tahun ke Atas

1. Kenakan concealer untuk makeup alami

Concealer adalah pahlawan untuk merias wajah secara alami. Ketika kurang tidur atau bekas jerawat terlihat mengganggu, concealer bisa jadi penyelamat untuk menyamarkan noda kehitaman. Tetapi, disarankan untuk memilih concealer sempurna terutama yang tidak lengket dan melembapkan.

Saran Tarryn Feldman, seorang penata rias yang berbasis di Nashville dan Los Angeles, hindari mengenakan concealer matte dan bubuk. Pilih concealer krim yang berbahan pelembap, misalnya mengandung oil atau asan hialuronat.

2. Alas bedak yang ringan

Memilih alas bedak yang tepat merupakan tantangan tersendiri. Paling sempurna, pilih alas bedak yang ringan dan melembapkan. Biasanya, produk alas bedak yang pas untuk usia 50 tahun ke atas menuliskan keunggulan dengan ‘menghidrasi’, ‘bercahaya’, dan ‘memperbaiki.

3. Hindari produk perawatan wajah dengan asam salisilat

Asam salisilat kerap diklaim bisa memerangi jerawat, tetapi bahan ini tidak direkomendasikan untuk kulit dewasa.

Jika Anda berusia di atas 50 tahun, dokter kulit menyarankan untuk menghindari asam salisilat karena membuat kulit semakin kering.

Dokter kulit dan kosmetik, Paul Jarrod Frank, MD., merekomendasikan tiga produk perawatan untuk menggantikan asam salisilat, yaitu tabir surya, hidrasi, dan serum antioksidan.

4. Tambahkan vitamin K untuk perawatan kulit

Vitamin K membantu meminimalkan lingkaran hitam di bawah mata. Vitamin ini juga bermanfaat mengurangi kerutan, bengkak, dan kendur di bawah mata serta mengunci kelembapan alami.

5. Gunakan perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan ini

Pertama, zinc axide yang berfungsi sebagai tabir surya atau mencegah bintik matahari serta kerutan. Kedua, retinol yang membantu merangsang pergantian sel. Selanjutnya, asan hialuronat untuk mengunci kelembapan dan vitamin C untuk mensintesis kolagen.

6. Rawat kulit secara lembut

Kelembutan adalah kunci untuk menghasilkan kulit yang lembut pula. Karena kulit dewasa lebih tipis, produksi kolagen menipis, maka dokter kulit merekomendasikan untuk scrubbing dengan agresif. Bahkan ketika memakai masker, hindari menarik terlalu kasar agar tak berisiko buruk.

7. Lakukan perawatan minimalis

Banyak orang berpikiran bahwa semakin banyak produk perawatan diperlukan ketika usia semakin bertambah.

Tujuannya baik, yaitu untuk kulit tetap sehat dan segar. Tetapi menurut Vijay Mudgil, MD., dokter kulit bersertifikat, keliru jika menggunakan terlalu banyak produk dalam perawatan rutin.

Katanya, seiring usia bertambah, kulit tidak melembapkan dirinya juga. Maka ketika memakai banyak produk akan menjadi penghalang pelindung alami.

Oleh sebab itu kulit jadi lebih sensitif dan disarankan lakukan perawatan minimalis saja. Ia menyarankan, untuk menghindari iritasi, kenakan tabir surya yang baik, retinoid ringan pada malam hari, dan pelembap padat dengan asam hialuronat atau ceramide.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Terbaik! Ikuti 7 Trik Makeup dan Perawatan Wajah untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Selain Tips Make Up Wanita Usia 50 Tahun, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!