Irian supermarket Asahan Peduli dengan Sosial Masyarakat
Bupati Asahan, H Surya bersama wakil Bupati Asahan, Taufik ZA saat berada di Irian Market (ANTARA/Indra)

Bagikan:

MEDAN - Keberadaan pusat belanja terlengkap yakni Irian supermarket bagi masyarakat Kabupaten Asahan, bahkan di luar kota Kisaran merupakan tempat yang paling diminati. Pasalnya pusat belanja tersebut menyediakan seluruh kebutuhan masyarakat.

Mulai kebutuhan rumah tangga, fashion, tempat tongkrongan, jajanan, kebutuhan gaya hidup, permainan games, bioskop, permainan untuk anak sekaligus mendukung program Kota layak Anak. Irian market juga kerab dijadikan ruang interaksi sosial masyarakat. Karena mudah dijangkau dari berbagai akses yang berada di inti Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Sehingga ribuan orang menjadikan Irian market tersebut sebagai lapak rezeki lewat aktifitas yang ada di market Irian dan sekitaranya.

Irian Market Bantu UMKM di Asahan

Dan secara tidak langsung, keberadaan market juga menumbuh kembangkan roda perekonomian Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) dan menumbuhkan Ekonomi masyarakat di sekitar market. Selain itu, keberadaan market juga menambah pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Asahan. Terlihat dari pajak parkir dan hiburan.

“ Tujuan hadirnya market adalah lebih memandang persoalan pendapatan ekonomi dan mendukung program pemerintah. Bahkan market telah membawa investor untuk berusaha di irian market. Diantaranya XX1 (Bioskop), pengusaha IZON (Wahana Bermain Anak) dan INUL VISTA (Karauoke Keluarga), " demikian kata Manager Marketing Irian Market Grup Pusat, Eka Surya, Jumat (17/06).

Eka juga menjelasakan keberadaan market bukan saja menumbuhkan perekonomian Asahan, namun market juga tetap peduli kepada warga Asahan. Melalui sejumlah program sosial, setiap tahun membuat program yang langsung menyentuh masyarakat. Diantaranya bagi sembako, memberikan beasiswa, membagikan daging Qurban, membangun taman baca di Kecamatan Tinggi Raja, memberikan makanan gratis dan lainya.

Kemudian, produk UMKM lokal Kabupaten Asahan sangat dimanjakan oleh pihak Irian, Dengan diberikannya tempat untuk UMKM menjual produknya. Hal ini sudah menjadi komitmen pihak market dari awal dibangunya Irian.

Berkembangnya pusat belanja tersebut, pihaknya telah mempekerjakan pemuda pemudi asli Asahan. Hal ini juga merupakan bagian komitmen Irian untuk membuka lapangan kerja di Asahan. " Harapan kita kedepan Irian semakin baik bagi masyarakat. Bila ada saran dan kritik sampaikan dengan santun ke managemen. Pasalnya pihak sedikit kecewa terhadap aksi demo yang membuat konsumen tidak nyaman belanja," ungkap Eka.

Terkait adanya aksi sekelompok masyarakat ke pihak Irian market yang telah berlangsung, Hendra Gunawan warga sekitar Irian Market tidak ambil pusing aksi tersebut. Dia menyatakan bahwa masyarakat sekitar sangat terbantu persoalan pendapatan ekonomi, pasalnya aktifitas disekitar irian jadi berkembang dan ramai. Dulunya sebelum adanya Irian, loaksi ini sangat sepi. Tapi dengan berdirinya Irian market roda perekonomian masyarakat sekitar berkembang pesat

Rofi warga Kota Kisaran mengatakan pihaknya sangat terbantu dengan adanya Irian market, karena produk yang dibutuhkannya sangat lengkap, terjangkau dan nyaman. Sehingga tidak ada alasan tidak belanja di Irian market.

Selain itu, market juga penyumbang PAD, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Asahan, Dahrun menjelasakan bahwa Irian market merupakan penyumbang PAD. Hal senada juga disampikan pihak Dinas Perdagangan Asahan bahwa market Irian tetap koperatif terkait aktifitas perdagangan yang dilakukan. Apalagi bila ada persoalan perdangangan, Misalnya kelangkaan minyak goreng, mereka tetap berkomunikasi dengan pemerintah demi tetap dapat melayani kebutuhan masayarakat Asahan.

Selain Irian supermarket Asahan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!