Kecanggihan Kecerdasan Google Sempat Dikira Orang Beneran
Google pecat insinyur yang buat klaim ngawur. (foto; dok. Pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Perusahaan Google Alphabet Inc mengumumkan pada Jumat, 22 Juli bahwa mereka telah memecat seorang insinyur perangkat lunak senior yang mengklaim bahwa chatbot kecerdasan buatan (AI) perusahaan LaMDA sesungguhnya adalah orang.

Menariknya Google, yang menempatkan insinyur perangkat lunak Blake Lemoine cuti bulan lalu, dan mengatakan dia telah melanggar kebijakan perusahaan dan menganggap klaimnya di LaMDA "sepenuhnya tidak berdasar."

Apa itu Model Bahasa untuk Aplikasi Dialog?

"Sangat disesalkan bahwa meskipun keterlibatan panjang pada topik ini, Blake masih memilih untuk terus-menerus melanggar kebijakan ketenagakerjaan dan keamanan data yang jelas yang mencakup kebutuhan untuk melindungi informasi produk," kata juru bicara Google dalam email kepada Reuters.

Tahun lalu, Google mengatakan bahwa LaMDA - Model Bahasa untuk Aplikasi Dialog - dibangun berdasarkan penelitian perusahaan yang menunjukkan model bahasa berbasis Transformer yang dilatih tentang dialog untuk dapat belajar berbicara tentang apa saja.

Google dan banyak ilmuwan terkemuka dengan cepat mengabaikan pandangan Lemoine sebagai salah arah, dengan mengatakan LaMDA hanyalah algoritma kompleks yang dirancang untuk menghasilkan bahasa manusia yang meyakinkan.

Pemecatan Lemoine pertama kali dilaporkan oleh Big Technology, sebuah buletin teknologi dan masyarakat.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Google Pecat Insinyur yang Buat Klaim Ngawur, Kecerdasan Buatan Dikira Orang Beneran

Selain Kecanggihan Kecerdasan Google, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!