Mengenal Apa Itu Fitur Computational Photography pada Oppo Reno6
Oppo Reno6 (Daily Social)

Bagikan:

MEDAN - Oppo kembali menggoda penggemar. Setelah sebelumnya memberi bocoran akan peluncuran Oppo Reno6 lewat Shopee, kini perusahaan membagikan beberapa fitur penting dari jagoan anyarnya ini.

Di antara berbagai peningkatan yang sudah diberi perusahaan, Oppo menggarisbawahi satu fitur penting di bagian videografi. Menurut penjelasan Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, fitur ini bahkan merupakan yang pertama kali diterapkan perusahaan.

Oleh Oppo, fitur videografi terbaru yang ditanamkannya pada seri Reno6 ini diberi nama Computational Photography. Aryo menjelaskan, fitur ini memungkinkan ponsel Reno6 mampu mempercantik hasil perekaman video secara otomatis.

Mengandalkan Teknologi Kecerdasan Buatan

Ya, pengguna tak lagi membutuhkan proses penyuntingan atau editing agar hasil rekaman bisa lebih indah. Dan hasil ini bisa terwujud berkat teknilogi AI deep learning yang digabungkan dengan algoritma pemrosesan gambar terbaru yang ada di dalam Computational Photography.

“Deep learning memungkinkan smartphone untuk mengidentifikasi bagian gambar mana yang berisi subyek, serta menganalisis posis dan hubungannya dengan latar belakang,” papar Aryo saat konferensi pers Oppo Reno6 Imaging Workshop yang diselenggarakan secara virtual, Senin, 5 Juli.

Aryo menambahkan bahwa fitur ini mampu mempelajari sejumlah unsur yang umumnya terdapat dalam sebuah video. Contohnya seperti depth of field, angle perekaman, postur tubuh obyek (dalam hal ini manusia), hingga obyek lingkungan lain seperti langit, air, bayangan, awan, dan masih banyak lagi.

Dari proses pengenalan tersebut, AI deep learning bakal mengidentifikasi elemen yang merupakan obyek yang bergerak dan yang bukan. Selanjutnya, mengoptimalkan hasil perekaman video sehingga jadi lebih terang, tajam, serta warnanya jauh lebih natural.

Yang mengagumkan, lanjut Aryo, semua proses itu bakal berlangsung dalam sekejap. Bahkan pemrosesan ini tak akan mempengaruhi performa ponsel secara keseluruhan.

“Proses deep learning, rendering hingga tingkatan piksel, pengoptimalan video, serta algoritma lainnya bisa dilakukan dalam hitungan sepersekian detik,” tegas Aryo.

Dapat Tambahan Lebih Banyak Fitur Perekaman Video

Sebelumnya, seri Oppo Reno lebih dikenal sebagai jagoan kelas menengah yang dibekali beragam fitur fotografi canggih. Dan kecanggihan tersebut bisa diperoleh pengguna dengan harga yang sesuai untuk pengguna dengan kantong cekak.

Pada Oppo Reno6, perusahaan menanamkan lebih banyak kemampuan. Tak hanya AI deep learning, Oppo juga turut menambahkan sejumlah fitur unggulan untuk perekaman video. Mencakup Bokeh Flare Portrait, AI Highlight Video, serta Portrait Beautification Video.

Dengan begitu, ponsel baru Oppo ini menjanjikan kemudahan serta fleksibilitas bagi pengguna yang suka merekam video. Baik untuk video TikTok, maupun Instagram Reels. Hasilnya bisa memuaskan!

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Berkenalan dengan Fitur Computational Photography pada Oppo Reno6, Canggih!

Selain Fitur Computational Photography, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!